Kapolsek Tawangsari Tiba-Tiba Tawarkan Motor Lelangan, Ya Jelas Penipuan Lur

Ilustrasi.

Sukoharjonews.com (Tawangsari) – Modus lama dengan menggunakan nama dan gambar profil di akun Whatsapp (WA) kembali muncul. Kali ini menimpa Kapolsek Tawangsari, AKP Tri Jalu Wahyudi yang nama dan foto profil akun WA penipu mencatut Kapolsek Tawangsari. Akun palsu tersebut kemudian menawarkan motor lelangan dengan harga murah pada teman-teman Kapolsek.




“Teman-teman saya yang ada dalam kontak WA kemudian mengkonfirmasi kebenaran dari pesan yang dikirim akun yang mengatasnamakan saya,” ujar Kapolsek, Rabu (4/8/2021).

Dikatakan Kapolsek, akun yang mengatasnamakan dirinya mengirim pesan pada teman-temannya yang menawarkan motor lelangan dengan harga murah kisaran Rp5 juta hingga Rp6 juta. Upaya penipuan tersebut gagal karena tidak ada teman-temannya yang tergiur. Bahkan, teman-temannya pun mengkonfirmasi hal itu pada dirinya.

“Saat dikonfirmasi teman-teman, saya katakan pesan itu tidak benar karena namanya sudah dicatut oleh pelaku,” ujarnya.

Menurutnya, pelaku telah meretas nomor-nomor yang ada di kontak WA miliknya. Hanya saja, nomor yang digunakan pelaku bukan nomornya karena hanya nama dan foto profilnya saja yang digunakan. Oleh temannya yang menerima pesan kemudian mencoba menghungi nomor yang digunakan dan ada juga yang melakukan panggilan video dan ternyata bukan dirinya sehingga tidak percaya.

Terkait kejadian itu, masyarakat diimbau untuk waspada terkait modus-modus penipuan yang digunakan penipu. Meski modus lama, namun jika tidak waspada dan mudah percaya, masyarakat bisa jadi korban penipuan. “Lebih baik dikonfirmasi dulu benar tidaknya agar tidak tertipu dengan mengirimkan uang,” pesannya. (erlano putra)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 2

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *