Kapolres “Blusukan” ke Kampung-Kampung, Ajak Masyarakat Giatkan Siskamling

Kapolres Sukoharjo AKBP Bambang Yugo Pamungkas berbincang dengan warga yang tengah ronda, Sabtu (14/12) malam.

Sukoharjonews.com (Sukoharjo) – Kegiatan Sistem Keamanan Lingkungan (Siskamling) sempat redup di kalangan masyarakat. Untuk itu, Kapolres Sukoharjo AKBP Bambang Yugo Pamungkus mengajak masyarakat untuk kembali menggelorakan siskamling. Tidak sekadar imbauan saja, Kapolres pun turun langsung “blusukan” ke kampung-kampung menyambangi pos ronda sebagai bentuk dukungan dan memberi motivasi masyarakat.



Seperti yang dilakukan Kapolres pada Sabtu (14/12) malam yang menyambangi tiga pos kamping. Masing-masing Pos Kamling Madyorejo, Desa Jetis, Sukoharjo, Pos Kamling Dukuh Baturan, Desa Bakipandeyan dan di Dukuh Sayangan, Desa Bentakan, Kecamatan Baki. “Dengan kegiatan “ngeronda” ini, saya ingin mengetahui secara langsung bagaimana kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga Kamtibmas di lingkungan masing-masing,” jelasnya, Minggu (15/12).

Lebih lanjut Kapolres mengatakan, tanggung jawab menjaga Kamtibmas bukan hanya tugas aparat kepolisian saja. Tapi, peran serta masyarakat dalam mewujudkan Kamtibmas juga diperlukan. Menurutnya, dalam kunjungan ke pos kamling tersebut, dirinya secara langsung memberikan pengertian pada masyarakat akan pentingnya kembali menghidupkan siskamling di tengah-tengah masyarakat.

Ketika pos kamling hidup lagi, ujar Kapolres, disatu sisi memberikan rasa aman bagi warga, disisi lain juga membantu tugas kepolisian dalam menjaga Kkamtibmas. “Untuk mewujudkan Kamtibmas yang aman dan kondusif, tidak bisa hanya mengandalkan kepolisian, tapi perlu adanya peranan masyarakat setidaknya dilingkungan masing-masing. Seperti simkamling ini,” ujarnya.

Kapolres menambahkan, saat ini jumlah polisi di Polres Sukoharjo hanya 800-an personil. Dengan jumlah tersebut jelas tidak mungkin bisa mem-“back up” keamanan untuk seluruh masyarakat Sukoharjo. Untuk itu dibutuhkan peran aktif masyarakat. (erlano putra)



How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed