Ragam  

Kapan Vaksinasi Booster di Sukoharjo, Ini Penjelasan Dinas Kesehatan

Pelaksnaaan vaksinasi corona anak usia 6-11 tahun di Sukoharjo. (Dok)

Sukoharjonews.com (Sukoharjo) – Pemerintah membuat kebijakan pemberian vaksin ketiga atau vaksin booster. Lantas, kapan pemberian vaksin booster akan dilaksanakan di Kabupaten Sukoharjo? Terkait hal itu, Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) menyampaikan masih fokus penyelesaikan vaksinasi untuk dosis 1, 2 dan juga vaksinasi untuk anak usia 6-11 tahun. Untuk vaksin booster belum diajukan ke Pemerintah Provinsi Jawa Tengah.




“Kami belum berencana menyiapkan vaksinasi dosis tiga atau vaksin booster bagi masyarakat umum. Saat ini masih mengejar penyelesaian untuk dosis 1, dosis 2 dan juga untuk vaksinasi anak 6-11 tahun,” jelas Pelaksana Tugas (Plt) Kepala DKK Sukoharjo, Yunia Wahdiyati, Sabtu (15/1/2022).

Dikatakan Yunia yang juga Jubir Satgas Penanganan Corona Kabupaten Sukoharjo tersebutm secara nasional pemberian vaksin booster mulai pada 12 Januari 2022. Namun, untuk Sukoharjo belum mengajukan data penerima vaksin dosis tiga ke Pemerintah Provinsi Jawa Tengah.

Saat ini, lanjut Yunia, Sukoharjo masih terus mengejar capaian 100% sasaran untuk vaksinasi dosis 1. Selain itu juga menyelesaikan pemberian dosis 2 untuk sasaran usia 12 tahun keatas dan juga mengejar capaian vaksinasi untuk anak usia 6-11 tahun. “Kami menargetkan capaian vaksinasi anak usia 6-11 tahun bisa 100% bulan ini. Pelayanan vaksinasi di seluruh puskesmas, rumah sakit hingga pusat layanan vaksinasi yang dibuka secara tentatif,” jelasnya.

Sesuai data DKK Sukoharjo, capaian vaksinasi corona Sukoharjo hingga 13 Januari 2022 untuk dosis satu sebanyak 78,69%, dosis dua 72,71% dan sasaran anak usia 6-11 tahun 36,22%. Khusus untuk anak usia 6-11 tahun, target sasaran sebanyak 80.447 anak.

“Untuk vaksinasi ini kami menggunakan tiga jenis vaksin, yakni Sinovac, Pfizer, dan Moderna. Prinsipnya kami menyelesaikan yang reguler dulu baru untuk vaksin boosternya sembari menunggu instruksi lebih lanjut dari pemerintah,” tambah Yunia. (erlano putra)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 2

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.