Kalimantan Jadi Tujuan Transmigrasi yang Diminati Warga Sukoharjo

Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Sukoharjo Bahtiyar Zunan.

Sukoharjonews.com (Sukoharjo) – Pulau Kalimantan menjadi daya tarik sendiri bagi warga Sukoharjo untuk bertransmigrasi. Terbukti, hingga saat ini sudah ada 50 Kepala Keluarga (KK) yang mendaftarkan diri ke Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Sukoharjo sebagai calon peserta transmigrasi tahun 2018. Dibandingkan daerah lain, Kalimantan menjadi tujuan transmigrasi yang diminati masyarakat Sukoharjo.



Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (DPTK) Sukoharjo Bahtiyar Zunan menjelaskan, program transmigrasi tetap dibuka meski belum ada kejelasan dari pemerintah pusat. Hingga saat ini, belum ada kepastian kapan para transmigran akan diberangkatkan termasuk juga daerah tujuannya. “Meski belum ada kejelasan, animo warga Sukoharjo menjadi peserta transmigrasi cukup tinggi. Saat ini sudah 50 KK yang mendaftarkan diri ke kantor,” ujar Zunan, (7/3).

Menurutnya, 50 KK tersebut pada saat mendaftar sudah mengajukan usulan daerah tujuan transmigrasi, yakni Kalimantan. Pilihan tersebut sengaja dipilih karena menjadi daerah favorit bagi peserta transmigrasi Sukoharjo. Kalimantan menjadi pilihan tujuan utama transmigrasi karena disana sudah banyak warga Sukoharjo sukses menjadi transmigran. Selain itu, faktor pilihan lain karena tanahnya subur dan mudah untuk ditanami.

Zunan mengaku, komunikasi sudah dilakukan oleh para transmigran di Kalimantan dengan warga Sukoharjo.. Beberapa transmigran bahkan menyempatkan diri ke Sukoharjo untuk pulang kampung ke daerah asal untuk bertemu keluarganya. DPTK sendiri sudah memberikan pemahaman dan penjelasan pada para warga pendaftar dimana warga tidak bisa memaksakan diri meminta daerah tujuan transmigrasi. Pasalnya, terkait tujuan tersebut menjadi kewenangan pemerintah pusat.

“Yang jadi kekhawatiran dinas jika tujuan transmigrasi dari pusat berbeda dengan keinginan pendaftar. Kalau itu terjadi bisa saja pendaftar menolak dan tidak bersedia diberangkatkan,” ujarnya.

Dia menambahkan, kemungkinan besar kejelasan program transmigrasi akan diketahui pada pertengahan tahun ini. Setelah ada informasi dari pemerintah pusat, dinas akan melakukan sosialisasi pada pendaftar. Hal itu terkait dengan tujuan transmigrasi dan kuotanya. (erlano putra)



How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.