Ragam  

Kades dan Perdes Terpapar Virus Corona, Tiga Balaidesa Ditutup Sementara

Balaidesa Langenharjo, Grogol ditutup sementara setelah kepala desa terkonfirmasi positif corona. (Rabu (11/11/2020).

Sukoharjonews.com (Grogol) – Tiga balaidesa di Sukoharjo ditutup atau “lockdown” sementara setelah kepala desa (kades) dan perangkat desa (perdes) terpapar virus corona. Tiga balai desa tersebut dua diantaranya di Kecamatan Grogol dan satu balaidesa di Kecamatan Polokarto. Penutupan sementara dilakukan sembari menunggu hasil swab kontak erat keluar.



Camat Grogol, Bagas Windaryatno menyampaikan, dua balaidesa di wilayahnya masing-masing Balaidesa Langenharjo dan Balaidesa Kwarasan. “Untuk Desa Langenharjo kadesnya yang terpapar virus corona, sedangkan di Kwarasan salah satu perangkat desanya,” ujar Bagas, Rabu (11/11/2020).

Dikatakan Bagas yang juga Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Grogol, ada 29 orang kontak erat yang sudah diswab untuk mendeteksi penyebaran virus. Kontak erat dalam kasus positif di dua desa tersebut adalah perangkat desa dan kepala desa, Badan Permusyawaratan Desa (BPD) serta keluarga.

Sampai kapan penutupan dilakukan? Bagas menyebut hingga hasil swab keluar untuk para kontak erat. Selama penutupan, dua kantor desa tersebut juga dilakukan penyemprotan disinfektan. Penutupan sementara tersebut dilakukan untuk mencegah terjadinya penyebaran virus pada masyarakat yang datang ke Balaidesa.

Selain dua balaidesa di Kecamatan Grogol, satu balaidesa lainnya adalah Balaidesa Desa Godok, Polokarto yang juga ditutup sementara. Penutupan balaidesa dilakukan setelah salah satu perdesnya terpapar virus corona. Penutupan sementara dilakukan hingga hasil swab keluar yang diperkirakan 5-7 hari.

“Untuk kasus di Desa Godok, kami sudah melacak kontak eratnya dimana ada 20 orang dan langsung dilakukan swab untuk mendeteksi tingkat penyebaran virus,” ujar Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Sukoharjo, Yunia Wahdiyati. (erlano putra)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *