Kabupaten Wonogiri Siap Sambut Pemudik, Diperkirakan 2,1 Juta Pemudik Masuk Solo Raya

Ilustrasi. (Foto: Humas Pemkab Wonogiri)

Sukoharjonews.com (Wonogiri) – Arus mudik Lebaran 2022 ini benar-benar menjadi perhatian, baik pemerintah pusat maupun pemerintah daerah tujuan mudik. Seperti Kabupaten Wonogiri yang melakukan rapat koordinasi untuk menyambut datangnya pemudik.


Dilansir dari laman Humas Pemkab Wonogiri, Rabu (20/4/2022), rakor tersebut dipim dipimpin oleh Wakil Bupati Wonogiri dan dihadiri jajaran Kodim Wonogiri, Polres Wonogiri, Kajari, serta beberapa Kepala OPD dan seluruh Camat di Kabupaten Wonogiri.

Kesiapan dalam menyambut pemudik lebaran di Kabupaten Wonogiri diungkapkan baik dari sisi kelancaran, keamanan, dan keselamatan. Terhitung selama dua tahun terakhir pemerintah meniadakan kebijakan mudik karena pandemi pandemi corona dan kebijakan mudik kembali diadakan pada 2022.

Dalam kesempatan tersebut Wakapolres Wonogiri, Kompol Sriyanto mengatakan jika kesiapan dilakukan melalui Operasi Ketupat 2022 guna mengantisipasi pemudik yang membludak.

“Diprediksi pemudik akan memasuki wilayah Jawa Tengah sebanyak 21 juta pemudik pada momen lebaran 2022. Dari jumlah itu, 10% atau sekitar 2,1 juta pemudik akan menuju ke Solo Raya. Berarti rata-rata ada 300.000 pemudik yang tiba di setiap daerah, termasuk Wonogiri,” ujarnya.

Sejalan dengan Polres, Kasdim 0728 Wonogiri, Mayor Inf Nurul Muthahar juga menyampaikan kesiapannya menyambut pemudik lebaran tahun ini, melalui posko-posko yang didirikan pada titik-titik tertentu.

“Kami akan mengerahkan bantuan personil TNI sebanyak 513 personil untuk pengamanan di masjid, lapangan tempat ibadah, terminal, posko mudik, dan pos PPKM,” ujarnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Wonogiri, Setyo Sukarno, juga menegasakan Pemkab Wonogiri menjamin kelancaran dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri 1443 H ini.

“Seluruh stakeholder di Kabupaten Wonogiri telah menjamin kelancaran, keselamatan, keamanan, dan kenyamanan dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri yang akan datang,” ujarnya.

Setyo juga menyampaikan jika Pemkab Wonogiri benar-benar serius untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada seluruh komponen masyarakat. Menurutnya, berbagai unsur OPD terlibat untuk menjamin kesiapan ini baik ketersediaan pangan, kesehatan, serta kelancaran arus transportasi. (nano)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *