Kabupaten Sukoharjo Genap Berusia 76 Tahun, Kepemimpinan Bupati-Wakil Bupati Tuai Banyak Prestasi

Pemkab Sukoharo kembali meraih Opini WTP dari BPK untuk Laporan Keuangan Tahun 2021, Opini WTP tersebut diterima langsung Bupati, Etik Suryani di Kantor Perwakilan BPK Jawa Tengah,

Sukoharjonews (Sukoharjo) – Kabupaten Sukoharjo genap berusia berusia 76 tahun pada 15 Juli 2022, hari ini. Berdirinya Kabupaten Sukoharjo sendiri mengacu pada Petikan Penetapan Pemerintah (PP) No 16/SD tanggal 15 Juli 1946. Hari lahir (Harlah) tahun ini berbeda karena masih dalam situasi pandemi virus corona. Untuk itu, tema Harlah Kabupaten Sukoharjo Ke-76 adalah “Dengan Hari Lahir Ke–76 Kabupaten Sukoharjo, Kita dorong pemulihan ekonomi masyarakat menuju Sukoharjo Lebih Makmur”.


Tema tersebut diambil seiring dengan pandemi yang mulai berangsur membaik. Dengan kondisi pandemi yang mulai melandai, sejumlah kegiatan dalam rangka menyambut Harlah Sukoharjo tahun ini mulai kembali digelar meski belum 100%.

Sekda Sukoharjo, Widodo yang juga Ketua Panitia Harlah Kabupaten Sukoharjo ke-76 menyampaikan, selama sekitar 1,5 tahun kepemimpinan Bupati dan Wakil Bupati, banyak prestasi yang telah diraih. Baik itu prestasi di bidang ekonomi, pengelolaan keuangan, pemerintahan, dan lainnya. Antara lain raihan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) atas Penyajian dan Pelaporan Pertanggungjawaban Keuangan Tahun 2020. Penghargaan WTP sudah diterima tujuh kali berturut-turut.

Selama kepemimpinan Etik Suryani-Agus Santosa, khususnya di tahun 2021 hingga awal 2022, banyak prestasi dan penghargaan yang cukup membanggakan telah diraih oleh Pemkab Sukoharjo. Prestasi dan penghargaan tersebut diraih atas dukungan seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD0 dan juga masyarakat Kabupaten Sukoharjo.

“Ditengah pandemi corona, dimana sangat memengaruhi pelaksanaan program dan kegiatan, namun Pemerintah Kabupaten Sukoharjo masih dapat memperoleh beberapa penghargaan yang patut dibanggakan,” terang Widodo.



Penghargaan yang telah diraih antara lain:

1. Penghargaan Opini WTP (Wajar Tanpa Pengecualian) terhadap pengelolaan keuangan Tahun Anggaran 2021, sehingga Pemkab Sukoharjo sudah tujuh kali berturut-turut mendapat penghargaan Opini WTP;
2. Kedisiplinan dan Keaktifan Pelaporan Dalam penegakan Peraturan Daerah Tingkat Nasional dari Kementrian Dalam Negeri yang diberikan kepada Satpol PP Kabupaten Sukoharjo.
3. Top Leader On Digital Implementation 2021 dari It Works dan Dewan Teknologi Informasi dan Komunikasi Nasional (WANTIKNAS), yang diberikan kepada Bupati Sukoharjo.
4. Kabupaten Terbaik Dimensi Smart Branding Gerakan Menuju Smart City dari Kementrian Komunikasi dan Informatika.



5. Penganugerahan Predikat Kepatuhan Tinggi Standar Pelayanan Publik Tahun 2021 dari Oumbudsman Republik Indonesia.
6. Kabupaten Layak Anak (KLA) Tingkat Madya dari Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Anak Republik Indonesia.
7. Kabupaten Dengan Ketahanan Pangan Terbaik Periode 2018-2020 dari Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian.
8. Penghargaan Peringkat I “Nirwasita Tantra” Tahun 2020 kategori Kabupaten Sedang dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.
9. Penghargaan Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Nasional Award Terbaik ke 2 Tingkat Nasional Kategori Kabupaten dari Kementrian Hukum dan HAM Republik Indonesia.

“Tentunya prestasi dan penghargaan ini tidak lantas membuat kami berpuas diri, tapi justru menjadi pemacu motivasi agar ke depan bisa lebih baik lagi,” tambah Widodo. (nano-bersambung)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 3 / 5. Vote count: 2

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *