Kabar Gembira, Yahoo, Steam, CS Go, dan Dota Telah Dinormalisasi, Paypal dalam Proses Pendaftaran

Ilustrasi. (Foto: Dok Kementerian Kominfo)

Sukoharjonews.com (Jakarta) – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) melalui Direktur Jenderal Aplikasi Informatika (Aptika) Semuel Abrijani Pangerapan, menyampaikan update status terkait Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) yang telah diputus aksesnya.


Dalam siaran pers pada Selasa (2/8/2022), Kementerian Kominfo telah berhasil berkomunikasi dengan pengelola Yahoo dan Valve Corp (Steam, CS GO, dan Dota). Akses terhadap keempat Sistem Elektronik tersebut telah dilakukan normalisasi sejak pukul 08.30 WIB hari ini. Pengguna secara bertahap mulai dapat mengakses layanan keempat PSE tersebut.

Kementerian Kominfo juga telah berhasil berkomunikasi dengan pihak Paypal. Pihak Paypal telah menyampaikan komitmen untuk melakukan pendaftaran dalam waktu dekat.

“Kami optimis Paypal akan segera melakukan pendaftaran dalam waktu dekat,” ujar Jubir Kementerian Kominfo, Dedy Permadi.

Dalam update per 1 Agustus 2022, pendaftaran Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) sudah dilakukan oleh 9.106 Sistem Elektronik (SE). Jumlah sistem elektronik ini didaftarkan oleh 5.419 PSE.


Khusus untuk Paypal, Kementerian Kominfo membuka blokir sementara selama lima hari kerja sejak 31 Juli 2022 hingga Jumat tanggal 5 Agustus 2022 pukul 23.59 WIB.

“Kami sekali lagi meminta kepada masyarakat untuk bisa memanfaatkan 5 hari kerja yang diberikan Kominfo untuk masyarakat bisa memindahkan aset-asetnya di Paypal ke platform lain,” ujar Dirjen Aptika, Semuel Abrijani Pangerapan.

“Di saat yang bersamaan kami terus berusaha untuk berkomunikasi dengan pengelola Paypal, karena sampai saat ini meskipun sudah dicoba untuk berkomunikasi dengan berbagai macam cara/jalur, Paypal sama sekali belum merespon,” ujar Semuel pada Senin (1/8/2022).

Kementerian Kominfo akan melakukan update secara berkala terkait dengan perkembangan isu ini untuk memberikan informasi yang berimbang dan transparan bagi masyarakat Indonesia. (nano)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.