Joko Santosa Memproses Pengunduran Diri Sebagai Anggota DPRD

Ketua DPRD Sukoharjo, Wawan Pribadi bersama Joko Santosa, Senin (10/8/2020).

Sukoharjonews.com (Sukoharjo) – Angota DPRD Sukoharjo Joko Santosa maju sebagai kandidat bupati dalam Pilkada mendatang. Anggota Fraksi Gerindra tersebut tengah memproses penggunduran diri di DPRD, Senin (10/8/2020). Joko sendiri sudah mengantongi rekomendasi dari tiga partai yang totalnya mencapai 15 kursi. Masing-masing dari Partai Gerindra, PKS, dan PAN.



“Hari ini mulai memproses pengunduran diri. Ini bersama Pak Sapto mau bertemu Ketua DPRD,” ujar Joko.

Menurutnya, dirinya dan Wakil Ketua DPRD, Eko Sapto Purnomo konsultasi mengenai prosedur pengunduran diri sebagai anggota DPRD. Setelah tahu mekanismenya, barulah surat pengunduran diri akan diberikan secara resmi ke DPRD. Pengunduran diri dilakukan sebagai syarat untuk maju sebagai kandidat bupati dalam Pilkada mendatang.

Joko sendiri tercatat sebagai anggota DPRD dari Partai Gerindra di daerah pemilihan (Dapil) 3. Meliputi Kecamatan Baki, Gatak, dan Kartasura. Disinggung kapan surat pengunduran diri akan diberikan, Joko mengaku lebih cepat lebih baik agar segera diproses.

Sedangkan Ketua DPRD Sukoharjo, Wawan Pribadi membenarkan telah menerima konsultasi Joko Santosa didampingi Wakil Ketua DPRD dari Partai Gerindra, Eko Sapto Purnomo. Menurutnya, konsultasi tersebut terkait mekanisme pengunduran diri sebagai anggota DPRD. Menurutnya, yang dikonsultasikan antara lain mengenai mekanisme pengunduran diri karena akan maju sebagai calon bupati.

“Kalau surat pengunduran diri sudah kami terima, langsung kami proses dengan berkonsultasi ke KPU terkait calon penggantinya,” ujarnya.

Soal pengunduran diri tersebut, Wawan mengaku harus diajukan secara pribadi maupun oleh partai. Nantinya KPU akan merekomendasikan calon penggantinya ke DPRD yang kemudian diajukan ke Gubernur untuk dilakukan Pergantian Antar Waktu. (erlano putra)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *