Jelang Lawan Yordania, Bukan Hal yang Mustahil bagi Timnas untuk Bisa Menang

Timnas Indonesia. (Foto: PSSI)

Sukoharjonews.com – Timnas Indonesia memiliki modal penting jelang melawan Yordania di lanjutan Kualifikasi Piala Asia 2023 setelah mengalahkan Kuwait. Laga melawan Yordania akan dimainkan pada Minggu (12/6/2022) pukul 02.15 WIB. Melawan Yordania merupakan laga berat karena Timnas Indonesia beum pernah menang, tapi bisa menang lawan Yordania bukanlah hal yang mustahil.


Seperti dalam laga melawan Kuwait beberapa waktu dimana Indonesia berhasil menang 2-1. Padahal, sebelumnya banyak yang pesimistis Asnawi dkk akan mampu memenangkan pertandingan. Nyatanya, meski sempat tertinggal, Indonesia mampu menyamakan kedudukan hingga akhirnya menang.

Bicara “head to head” dengan Yordania, diatas kertas Yordania memang lebih diunggulkan. Pasalnya, berdasarkan peringkat FIFA, Yordania ada di posisi 91, sedangkan Indonesia ada di peringkat 159. Bahkan, dalam sejumlah pertemuan pun Indonesia selalu kalah.

Laga pertama melawan Yordania bagi Timnas Indonesia terjadi pada tahun 2004 dimana dalam laga persahabatan tersebut Indonesia kalah 1-2. Kemudian di tahun 2011 dimana dalam laga persahabatan Indonesia kembali kalah tipis 0-1.

Selanjutnya di tahun 2013 dimana Indonesia melawat ke Amman dan dikalahkan skor telak 0-5 dan di tahun 2019 Indonesia kembali kalah 1-4. Semua pertandingan tersebut digelar di Yordania dan belum sekalipun digelar di luar. Untuk itu, laga du Kuwait melawan Yordania nanti diharapkan akan menjadi pembeda.

Saat melawan Kuwait, coach Shin Tae-yong mengaku kemenangan atas Kuwait tersebut membalikkan sebagian besar prediksi. Pasalnya, Kuwait lebih diunggulkan ketimbang Timnas Indonesia. Bahkan Shin Tae-yong mengakui kalau dirinya hanya menargetkan Timnas Indonesia bisa memberikan perlawanan. Namun ternyata, hasil yang didapat jauh lebih baik.

“Sebelum laga ini saya berpikir kami punya kesempatan jadi penantang di laga ini. Dengan kemenangan ini saya tidak ragu sepak bola Indonesia akan lebih berkembang lagi,” kata Shin Tae-yong dikutip dari laman PSSI.

“Saya tidak secara khusus berpikir kami bisa menang, tapi saya yakin kami bisa jadi penantang,” tambah pelatih asal Korea Selatan tersebut.

Berkat kemenangan atas Kuwait, Timnas Indonesia untuk sementara menempati peringkat kedua Grup A dengan poin 3. Puncak klasemen ditempati Yordania yang mengalahkan Nepal 2-0. (nano)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.