Jelang Keberangkatan Haji, Asrama Haji Donohudan Boyolali Bersiap Terima 15.477 Jemaah

Asrama Haji Donohudan (AHD) Kabupaten Boyolali. (Foto: Pemkab Boyolali)

Sukoharjonews.com (Boyolali) – Keberangkatan jemaah haji 2022 sudah didepan mata. Untuk Provinsi Jawa Tengah dan DIY, jemaah akan transit terlebih dahulu di Asrama Asrama Haji Donohudan (AHD) di Boyolali. AHD akan menampung sekitar 15.477 jemaah calon haji (calhaj) sebelum keberangkatan ke Tanah Suci.


Kepala Unit Pengelolaa AHD, Bambang Sumanto menjelaskan, akan ada 43 kelompok terbang (kloter) yang berangkat dari Asrama Haji Donohudan. Tahun ini, sebanyak 15.477 jemaah dari Jateng dan DIY yang akan berangkat dari AHD.

“Dari jumlah tersebut, terbagi untuk Provinsi Jawa Tengah ada 13.776 jemaah dan selebihnya ada dari Yogyakarta, terbagi dalam dua gelombang 43 kloter,” katanya, dikutip dari laman Pemprov Jateng, Rabu (25/5/2022).

Dikatakan Bambang, seluruh kamar dan gedung yang akan digunakan untuk menerima para jemaah sedang dalam tahapan persiapan. Di antaranya, pembersihan lingkungan asrama, pengecatan gedung dan pengecekan kelengkapan ruang tidur bagi jemaah. Tahapan persiapan untuk saat ini sudah 85% dan ditargetkan selesai pada 25 Mei 2022 ini.

Memakai Gedung Mekkah, pihaknya akan menggunakan tiga lantai Gedung tersebut dengan kapasitas 380 tempat tidur di setiap lantai atau total 1.140 tempat tidur. Meski dirasa cukup, pihaknya tetap mencadangkan tempat tidur di lantai 2 dan 3 Gedung Madinah untuk menampung calhaj yang akan masuk asrama.

Hal itu dikarenakan lantai 1 di Gedung tersebut masih digunakan untuk Rumah Sakit Darurat Corona (RSDC), meskipun sejak September 2021 sudah tidak ada pasien corona yang menghuni. Sedangkan untuk lantai satu Gedung Madinah akan diperuntukkanan bagi satgas haji.

“(RSDC) belum dicabut karena posisi belum endemi masih pandemi. Namun karena saat ini sudah tidak ada pasien, dan juga perlu diketahui kita juga selalu prokes. Termasuk untuk penyemprotan disinfektan untuk ruang ruang, baik untuk ruang pasien untuk petugas maupun untuk kamar kamar yang kosong,” katanya.

Bambang menambahkan, AHD siap menerima 15.477 jemaah calhaj, di antaranya terdapat 317 jamaah calhaj yang berasal dari Kabupaten Boyolali. Jumlah tersebut akan terbagi menjadi dua gelombang. Yakni gelombang pertama terdiri dari 21 kloter dan gelombang kedua terdiri dari 22 kloter.

Bambang menuturkan, AHD mulai menerima jamaah calhaj pada 3 Juni 2022. Mereka akan mulai berangkat ke Tanah Suci pada 3 Juni 2022 sampai 2 Juli 2022, dan direncakanan jmaah haji akan pulang pada 16 Juli 2022 sampai 14 Agustus 2022. (nano)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.