James Cameron: Prajurit Hamil di ‘Avatar 2’ Memajukan Pemberdayaan Wanita Melampaui Wonder Woman dan Captain Marvel

Avatar: The Way of Water. (Foto: Variety)

Sukoharjonews.com – “Avatar: The Way of Water” karya James Cameron penuh dengan visual luar biasa yang belum pernah dilihat oleh penonton bioskop di layar lebar. Bagi sutradara peraih Oscar itu, pemandangan seorang wanita hamil berbaris ke medan perang adalah salah satunya. Berbicara kepada Robert Rodriguez sebagai bagian dari seri “Directors on Directors” dari Variety, Cameron berbicara tentang pemberdayaan perempuan dalam sekuel “Avatar” yang telah lama ditunggu-tunggu.


“Itu mencengkeram Anda dengan cerita dan karakter yang Anda sukai sejak awal,” kata Rodriguez kepada Cameron tentang film tersebut. “Saya sangat terkesan dengan fakta bahwa Neytiri berburu saat dia hamil. Dan kemudian Anda memiliki salah satu karakter yang sedang hamil dalam pertempuran. Mengapa itu penting?,” ujarnya dilansir dari Variety, Kamis (15/12/2022).

“Semua orang selalu berbicara tentang pemberdayaan perempuan. Tapi apa bagian besar dari kehidupan wanita yang kita, sebagai pria, tidak alami? Dan saya berpikir, ‘Nah, jika Anda benar-benar akan pergi jauh-jauh ke lubang kelinci pemberdayaan wanita, mari kita miliki seorang pejuang wanita yang sedang hamil enam bulan dalam pertempuran,” lanjutnya.

“Itu tidak terjadi di masyarakat kita – mungkin belum terjadi selama ratusan tahun. Tapi saya jamin, dulu, wanita harus berjuang untuk bertahan hidup dan melindungi anak-anak mereka, dan tidak masalah jika mereka hamil,” lanjut Cameron.


“Dan wanita hamil lebih mampu menjadi lebih atletis daripada yang kita, sebagai budaya, akui. Saya berpikir, ‘Mari kita singkirkan batasan yang sebenarnya.’ Bagi saya, itu adalah benteng terakhir yang tidak Anda lihat. Wonder Woman dan Captain Marvel – semua wanita luar biasa lainnya muncul, tetapi mereka bukan ibu dan mereka tidak hamil saat mereka melawan kejahatan.

Termasuk pejuang yang menjadi ibu dan hamil adalah salah satu dari banyak cara Cameron memastikan “Avatar: The Way of Water” akan berbeda dengan gencarnya film buku komik yang dirilis setiap tahun. Sutradara memberi tahu The New York Times pada bulan Oktober bahwa dia benar-benar ingin protagonisnya, Jake Sully (Sam Worthington) dan Neytiri (Zoe Saldana), harus bergulat dengan menjadi pahlawan sambil menjadi orang tua.

“Ketika saya melihat film-film besar dan spektakuler ini – saya melihat Anda, Marvel dan DC – tidak peduli berapa usia karakternya, mereka semua bertindak seperti sedang kuliah,” kata Cameron. “Mereka memiliki hubungan, tetapi sebenarnya tidak. Mereka tidak pernah menggantung taji karena anak-anak mereka. Hal-hal yang benar-benar membumikan kita dan memberi kita kekuatan, cinta, dan tujuan? Karakter itu tidak mengalaminya, dan menurut saya itu bukan cara membuat film. (nano)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *