Ragam  

Intensitas Hujan Makin Tinggi, Warga Bantaran Diminta Waspada Banjir

Mendung hitam sudah menjadi pemandangan sehari-hari di Kabupaten Sukoharjo.

Sukoharjonews.com (Sukoharjo) – Intensitas hujan yang turun di Kabupaten Sukoharjo makin tinggi. Untuk itu, warga yang tinggal di bantaran sungai Bengawan Solo dan anak sungainya untuk mewaspadai munculnya bencana banjir. Terlebih lagi, selama ini bencana banjir bisa dikatakan sebagai langganan bagi warga yang tinggal di bantaran sungai.



“Saat ini debit air sungai Bengawan Solo memang belum naik signifikan. Meski begitu, kewaspadaan tetap harus ditingkatkan, terlebih lagi untuk anak sungai Bengawan Solo,” ujar Kepala Pelaksana
Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sukoharjo, Sri Maryanto, Jumat (6/12).

Selain warga yang tinggal di bantaran sungai, ujar Sri Maryanto, kemungkinan banjir di wilayah perkotaan juga masih ada. Wilayah yang rawan terjadi banjir atau genangan air di perkotaan saat hujan deras antara lain di Kelurahan Jetis. Meski saat ini sejumlah saluran air perkotaan sudah diperbaiki, tidak menutup kemungkinan terjadinya genangan atau banjir di perkotaan.

Maryanto menambahkan, berdasarkan perkiraan cuaca dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), curah hujan tinggi akan terjadi pada bulan Januari mendatang. Saat ini, hujan yang turun di Sukoharjo memang belum menyeluruh. Namun, hampir tiap hari hujan sudah turun dengan intensitas sedang. Selama ini, hujan yang turun juga disertai angin kencang sehingga sering menyebabkan pohon tumbang. (erlano putra)



How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *