Inilah 5 Jenis Makanan yang Mampu Meningkatkan Kecerdasan Otak

Makanan yang dapat tingkatkan kecerdasan otak. (Foto: Pexels)

Sukoharjonews.com – Makanan yang biasa kita konsumsi dapat berpengaruh dengan kinerja otak kita. Nutrisi yang cukup dalam makanan dapat memberikan manfaat secara menyeluruh pada tubuh, tak terkecuali otak.


Dilansir dari Health Harvard, Kamis (16/2/2023), beberapa jenis makanan telah banyak diteliti oleh ahli yang ternyata dapat bermanfaat untuk meningkatkan kinerja otak. Beberapa makanan di bawah ini telah teruji klinis dapat membantu meningkatkan kinerja otak. Penasaran makanan apa aja yang dapat meningkatkan kinerja otak? Berikut ulasannya.

Ikan
Sudah bukan rahasia lagi kalau ikan memiliki banyak manfaat. Salah satunya omega-3,yang sudah terbukti dapat meningkatkan perkembangan otak. Selain bermanfaat untuk orang dewasa, ikan yang kaya omega 3 mampu memperkuat jaringan pada otak anak di usia emas.Cobalah makan ikan setidaknya dua kali seminggu, tetapi pilih varietas yang rendah merkuri, seperti salmon,cod, tuna kalengan, dan pollack.


Kacang Kenari
Kandungan pada kacang kenari rupanya memiliki manfaat yang beragam. Kandungan protein dan lemak baik pada kacang kenari mampu meningkatkan kinerja memori pada otak. Selain itu, terdapat kandungan omega-3 yang membantu mengontrol tekanan darah. Sebuah studi tahun 2015 dari UCLA mengaitkan konsumsi kenari yang lebih tinggi dengan
peningkatan skor tes kognitif.

Teh dan Kopi
Nggak hanya nikmat dikonsumsi di pagi hari dan waktu lainnya, kopi dan teh juga memiliki manfaat sebagai peningkat jaringan pada otak. Selain itu, kandungan kafein pada kopi dan teh dapat menumbuhkan memori baru pada otak.Dalam sebuah studi tahun 2014 yang diterbitkan dalam The Journal of Nutrition, peserta dengan konsumsi kafein yang lebih tinggi mendapat skor lebih baik pada tes fungsi mental.


Beri-berian
Kandungan flavonoid pada beri-berian mampu meningkatkan daya ingat pada otak. Hal ini telah diteliti oleh ahli dan telah teruji bahwa beri-berian dapat meningkatkan daya ingat. Jika rutin mengkonsumsi beri-berian, maka juga dapat mampu menunda penurunan memori.

Sayuran Hijau
Sayuran hijau mengandung banyak gizi. Kandungan vitamin K, folat, beta karoten pada sayuran hijau dapat menjaga kesehatan otak sekaligus membantu kinerja otak agar bekerja secara optimal. Hal ini juga telah dibuktikan oleh peneliti bahwa sayuran mampu membantu memperlambat penurunan kognitif. (patrisia argi)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *