Tips  

Inilah 5 Hal yang Harus Dilakukan Agar Kulkas Berfungsi Baik

Tips membersihkan kulkas.(Foto: lottemart)

Sukoharjonews.com – Dapur kita dipenuhi dengan segala macam peralatan berguna yang mungkin kita tidak dapat lagi membayangkan hidup kita tanpanya. Jika dipikir-pikir, sebagian besar makanan kita disimpan di dalam lemari es, terutama segala sesuatu yang mudah rusak. Baik itu buah-buahan dan sayuran mentah, produk susu seperti susu, mentega dan es krim, selai, saus, daging mentah, air, es batu, sisa makanan, dan masih banyak lagi makanan lainnya, semuanya dimasukkan ke dalam lemari es. Karena satu-satunya alat ini bertanggung jawab untuk menjaga begitu banyak makanan tetap segar, penting untuk merawat lemari es kita. Ini akan membantu meningkatkan kinerja dan memperpanjang umur lemari es.


Dikutip dari NDTV Food, pada Rabu (15/5/2024), berikut hal yang harus dilakukan agar kulkas berfungsi dengan baik:

1. Bersihkan Kumparan Kondensor
Kumparan kondensor terletak di bagian belakang atau bawah lemari es dan membantu mendinginkan zat pendingin (zat pendingin yang menyerap panas dan menghasilkan udara sejuk). Karena lokasinya, kumparan ini mudah tertutup debu dan kotoran. Penting untuk membersihkan kumparan ini dua kali setahun untuk membantu memperpanjang umur lemari es Anda. Pastikan untuk mencabut steker lemari es sebelum membersihkan gulungan dengan penyedot debu atau sikat.

2. Bersihkan Gasket Pintu Kulkas
Gasket adalah strip segel karet pada pintu lemari es, yang memberikan isolasi dan menjaga masuknya udara sejuk dan udara hangat keluar. Seiring waktu, strip ini mengalami keausan dan menjadi kering dan pecah-pecah. Hal ini dapat menyebabkan lebih banyak udara panas masuk ke dalam lemari es, sehingga dapat mengurangi efisiensi dan kinerja lemari es. Pastikan Anda membersihkan paking secara rutin dengan kain dan sabun jika diperlukan.


3. Jangan Menghalangi Ventilasi Kulkas
Bagian penting lainnya dari lemari es yang berfungsi dengan baik adalah ventilasi, yang membantu sirkulasi udara dingin di dalam lemari es. Ventilasi biasanya terletak di dinding bagian dalam lemari es dan di bagian atas freezer. Penting agar ventilasi tidak terhalang oleh makanan atau kotak, karena jika tidak, aliran udara dari ventilasi akan terhambat. Selain itu, bersihkan ventilasi secara teratur karena ventilasi dapat menjadi kotor seiring berjalannya waktu, menyebabkan pendinginan tidak merata dan membuat lemari es Anda bekerja lebih keras.

4. Jangan Menjejali Kulkas
Agar lemari es dapat berfungsi dengan baik dalam jangka waktu lama, penting untuk tidak memasukkan terlalu banyak muatan ke dalam lemari es atau membiarkannya terlalu kosong. Usahakan lemari es terisi sekitar tiga perempatnya, beri jarak antar barang yang disimpan. Kulkas yang terlalu penuh dapat menghambat aliran udara di dalamnya, sehingga mengurangi efisiensi energi dan pendinginan.


5. Atasi Masalah Kulkas
Terkadang mungkin ada masalah kecil pada fungsi lemari es yang mungkin kita tunda untuk mengatasinya selama lemari es masih berfungsi. Hal ini dapat berdampak pada efisiensi mesin dan umur lemari es. Baik ventilasi yang tidak berfungsi atau pintu yang longgar, penting untuk segera melakukan servis untuk mengatasi masalah dan memastikan lemari es berfungsi dengan baik.(cita septa)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *