Ini yang Dilakukan Pertama Kali oleh Jordi dan Sandy Begitu Resmi Jadi WNI

Jordi Amat dan Sandy Walsh bersama Ketum PSSI. Mochamad Iriawan usai mengurus KTP. (Foto: Dok PSSI)

Sukoharjonews.com (Jakarta) – Jordi Amat dan Sandy Walsh resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI). Keduanya diproyeksikan bisa memperkuat Indonesia dalam ajang Piala AFF 2023. Begitu resmi menjadi WNI, Jordi dan Sandy langsung pergi ke Direktorat Jenderal Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia di Pasar Minggu, Jakarta. Keduanya ingin mendapatkan KTP.


Kepergian kedua pemain naturalisasi tersebut diantar langsung oleh Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan. “Setelah melakukan sumpah WNI di Kemenkunham, Jordi dan Sandy langsung membuat KK (kartu keluarga) dan KTP. Langsung saya antar dua-duanya ke Dukcapil dan alhamdulillah sudah mendapatkan KTP dan KK. Selanjutnya dalam waktu dekat akan mendapatkan paspor Indonesia, “kata Iriawan, dikutip dari laman PSSI, Jumat (18/11/2022).

“Semoga mereka dapat bermain di Piala AFF 2022 dan membantu timnas Indonesia meraih prestasi terbaik di ajang tersebut,” tambahnya.

Jordi Amat dan Sandy Walsh juga akan menjalani proses pergantian federasi lebih dulu di FIFA sebelum disahkan untuk debut membela Indonesia.

Sebelumnya, Jordi dan Sandy melakukan pengucapan sumpah WNI di Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenkumham DKI, Kamis (17/11/2022). Keduanya juga lancar dan fasih menyanyikan lagu Indonesia Raya dan mengucap sumpah WNI.


“Ini adalah hari yang luar biasa. Saya ingin berterima kasih kepada Ketum PSSI, juga pemerintah Indonesia. Saya tidak bisa mendeskripsikan perasaan saya saat ini, tetapi saya sangat senang. Terima kasih banyak. Saya berjanji akan memberikan segalanya untuk negara ini, untuk negara kita,” kata Jordi.

“Saya cuma mau bilang terima kasih kepada semua pihak yang hadir di sini. Ini adalah hari yang spesial buat saya, buat keluarga saya, buat kakek dan nenek saya. Mereka pasti sangat bangga pada saya. Ini adalah momen yang membanggakan. Terima kasih kepada Pak Ketum PSSI dan semua orang yang bekerja di balik layar,” tambah Sandy.

“Saya sangat senang menjadi warga negara Indonesia. Menyanyikan lagu Indonesia Raya adalah momen yang sangat indah hari ini, saya bahkan (tadi) menutup mata dan menangis. Jadi, sekali lagi terima kasih, ” lanjutnya.

Sementara itu, calon pemain naturalisasi lainnya, Shayne Pattynama, saat ini berkasnya dalam pembahasan Sidang Paripurna DPR RI di hari yang sama. Dia masih menunggu Surat Keppres sebelum benar-benar bisa disumpah nantinya. (nano)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *