Indonesia Siap Jadi Tuan Rumah ASEAN Para Games 2022, Direncanakan Digelar di Solo

Indonesia siap menjadi tuan rumah ASEAN Paragames 2022. Menpora, Zainudin Alami dan Ketua Umum NP Indonesia, Senny Marbun saat memberikan keterangan. (Foto: BPMI Setpres/Muchlis Jr)

Sukoharjonews.com (Jakarta) – Pemerintah telah memutuskan Indonesia siap dan bersedia menjadi tuan rumah ASEAN Para Games tahun 2022 pada bulan Juli mendatang. Hal tersebut disampaikan oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali dalam keterangannya di Kantor Presiden, Jakarta, pada Selasa, (22/3/2022) selepas rapat terbatas yang dipimpin oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).


Dikutip dari laman Sekretariat Presiden, Rabu (23/3/2022), Menpora menyampaikan tentang kesiapan Indonesia sebagai tuan rumah ASEAN Paragames 2022. Kesiapan tersebut sudah diputuskan langsung oleh Presiden Jokowi dalam rapat terbatas tersebut.

“Awalnya ASEAN Para Games 2022 rencananya dilaksanakan di Vietnam, namun tidak terlaksana karena adanya beberapa kendala. Oleh karena itu, Indonesia mengajukan diri untuk menjadi tuan rumah dari ajang olahraga tersebut,” ujarnya

Menpora juga mengatakan, negara-negara ASEAN diberi kesempatan untuk mengajukan diri dan pemerintah dan NPC menyampaikan kesiapan tersebut dan dilaporkan kepada Presiden Jokowi.

Selanjutnya, Menpora menuturkan bahwa ASEAN Para Games 2022 akan dilaksanakan pada akhir bulan Juli dan bertempat di Jawa Tengah. Sebelumnya, Indonesia pernah menjadi tuan rumah ASEAN Para Games pada tahun 2011 lalu.

“Nanti ditempatkan di Jawa Tengah. Jadi ada Solo, ada Sukoharjo, ada Karanganyar, ada beberapa tempat yang akan menjadi tempat pelaksanaan. Kenapa di sana? Karena memang pertama adalah pemusatan latihan dari atlet-atlet paralympic kita itu ada di Jawa Tengah, di Solo, dan sekitarnya,” tutur Zainudin.

Lebih lanjut Menpora menjelaskan alasan pemerintah memutuskan pelaksanaan ASEAN Para Games di sekitar Kota Solo, Jawa Tengah, adalah karena lokasi tersebut memiliki fasilitas yang dapat memberikan dukungan dalam pelaksanaan ajang yang akan mempertandingkan 14 cabang olahraga di Paragames.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Umum National Paralympic Committee (NPC) Indonesia, Senny Marbun, optimistis bahwa Indonesia dapat memberikan yang terbaik dan menjadi juara umum dalam ASEAN Para Games 2022. “Di atas kertas kita sudah hitung-hitungan kita bisa juara umum karena di Malaysia kemarin kita pun grade-nya jauh di atas Malaysia dan Thailand,” ujarnya. (nano)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 2

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *