[HOAKS] Rekaman Suara Sri Mulyani Memarahi Pegawai Bea Cukai

Hoaks rekaman suara Menteri Keuangan, Sri Mulyani yang memarahi petugas Bea Cukai. (Foto: Dok Kominfo)

Sukoharjonews.com – Hoaks ini diunggah di media sosialX/Twitter. Hoaks berupa rekaman suara yang diklaim sebagai suara Menteri Keuangan, Sri Mulyani yang sedang memarahi petugas Bea Cukai. Kemarahan Sri Mulyani dikaitkan dengan viralnya seorang TKW yang mengirim celana dalam dari Hong Kong dan dikenai bea cukai.


Dikutip dari laman Kominfo, Kamis (23/5/2024), berikut ini cek faktanya:

Penjelasan:

Beredar unggahan video di media sosial X/Twitter menampilkan rekaman suara yang diklaim sebagai suara Menteri Keuangan Sri Mulyani yang sedang memarahi petugas Bea Cukai. Hal itu dikaitkan dengan viralnya kasus seorang tenaga kerja wanita (TKW) yang mengirimkan celana dalam dari Hongkong dan dikenai bea cukai.

Faktanya, suara dalam video tersebut bukanlah suara Sri Mulyani. Dilansir dari antaranews.com, berdasarkan hasil penelusuran, rekaman suara tersebut serupa dengan unggahan video YouTube Yuni TKW Hong Kong@CURHATAN BMI berjudul “Bea Cukai Surabaya,Harga celana dalam 70 HKD kena pajak 800 Ribu dari kantor Juanda,Piye to Iki ?”.


Dalam video itu, Yuni mengeluhkan kekesalannya terhadap pihak Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) Banyuwangi. Ia menjelaskan membeli barang seharga Rp140.000 dari Hongkong, kemudian dikirimkan ke Indonesia dan dikenakan pajak bea masuk sebesar Rp800.000. Lebih lanjut, Staf Khusus Menteri Keuangan, Yustinus Prastowo menyatakan permasalahan itu telah diselesaikan dengan baik. Bea Cukai Juanda dan pihak PT Pos Indonesia sudah berkomunikasi dengan Yuni dan penerima barang.

KATEGORI: HOAKS

Link counter:

– https://www.antaranews.com/berita/4114323/hoaks-rekaman-suara-sri-mulyani-marahi-pegawai-bea-cukai. (*)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *