[HOAKS] Perpindahan Ibu Kota ke Provinsi Kalimantan adalah Skenario China

Hoaks pindahnya ibu kota Indonesia ke Kalimantan merupakan skenario China. (Foto: Dok Kominfo)

Sukoharjonews.com – Sebuah video hoaks beredar di media sosial TikTok. Video ini mengeklaim jika perpaindahan ibu kota Indonesia ke Kalimantan adalah skenario dari China. Terlihat, video tersebut beredar pada 2 Maret 2024.


Dikutip dari laman Kominfo, Kamis (16/5/2024), berikut ini cek faktanya:

Penjelasan:

Beredar sebuah unggahan di media sosial TikTok yang mengeklaim bahwa pindahnya ibu kota Indonesia dari Daerah Khusus Ibu Kota (DKI) Jakarta ke Provinsi Kalimantan adalah skenario dari China. Video tersebut beredar pada 2 Maret 2024 yang telah dilihat lebih dari 15 ribu tayangan.

Faktanya, klaim dalam unggahan video tersebut adalah tidak benar. Dikutip dari nasional.kompas.com, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan bahwa perpindahan ibu kota ke Provinsi Kalimantan dilatarbelakangi oleh sejumlah alasan penting di antaranya untuk pemerataan populasi, ekonomi, dan pembangunan.


Selain itu, dilansir dari laman resmi Kementerian Sekretariat Negara Republik Indonesia, Presiden Jokowi juga menegaskan bahwa pemindahan ibu kota dari DKI Jakarta ke Ibu Kota Nusantara (IKN) di Provinsi Kalimantan Timur bukan merupakan gagasan dirinya. Menurutnya, Presiden ke-1 RI Soekarno telah menggagas pemindahan ibu kota sejak tahun 1960 yang lalu.

Kategori: Hoaks

Link Counter:

– https://nasional.kompas.com/read/2022/03/01/20232691/alasan-jokowi-pindahkan-ibu-kota-negara-pemerataan-ekonomi-hingga-populasi?page=all

– https://www.setneg.go.id/baca/index/presiden_ jokowi_alasan_utama_pembangunan_ikn_adalah_pemerataan

– https://turnbackhoax.id/2024/05/13/salah-perpindahan-ibukota-ke-kalimantan-adalah-skenario-china/. (*)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *