[HOAKS] Hasil Exit Poll Pemilu 2024 di Luar Negeri

Hoaks “exit poll” hasil pemilu sementara di Melbourne, Australia. (Foto: Dok Kominfo)

Sukoharjonews.com – Hoaks kali ini tentang “exit poll” pemungutan suara pemilu 2024 di luar negeri. Muncul dalam unggahan di media sosial X/Twitter dimana menyampaikan hasil perhitungan sementara”exit poll” pemilu 2024 di Melbourne, Australia.


Dikurip dari laman Kominfo, Selasa (13/2/2024), berikut ini cek faktanya:

Penjelasan:

Beredar di situs dan media sosial Twitter (X) tangkapan layar hasil perhitungan sementara exit poll Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 dari ketiga pasangan calon (paslon) di Melbourne, Australia.

Faktanya, dilansir dari medcom.id, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menyebut hasil penghitungan sementara atau exit poll yang beredar di media sosial dari hasil Pemilu di Melbourne, Australia adalah hoaks. KPU juga membantah adanya hasil penghitungan suara Pilpres 2024 di luar negeri.

Sementara itu, Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari menegaskan KPU melarang adanya hasil exit poll hingga jajak pendapat atau survei tentang Pemilu pada masa tenang.


Dalam Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 3 Tahun 2022, masa tenang Pemilu 2024 dimulai pada Minggu, 11 Februari 2024. Pengambilan suara memang sudah dilakukan di luar negeri sejak awal Februari, namun penghitungan baru akan dilakukan serentak pada 14 Februari 2024.

KATEGORI: HOAKS

Link counter:

– https://www.medcom.id/pemilu/news-pemilu/nN922B9b-bantah-hasil-exit-poll-pemungutan-suara-di-melbourne-australia-kpu-hoaks

– https://wartakota.tribunnews.com/2024/02/10/beredar-exit-poll-luar-negeri-ganjar-mahfud-unggul-sementara-fakta-atau-hoaks. (*)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *