Hindari 7 Makanan dan Minuman Ini Untuk Cegah Kerontokan Rambut

Makanan minuman yang menyebabkan rambut rontok. (Foto: pexels)

Sukoharjonews.com – Rambut rontok jadi masalah umum yang kerap dikeluhkan banyak orang. Penyebabnya bisa berasal dari berbagai faktor seperti genetika, ketidakseimbangan hormon, stres, dan gizi buruk.


Dilansir dari Beautynesia, Selasa (30/5/2023),Makanan yang kita konsumsi ternyata berdampak signifikan pada nutrisi yang diterima rambut lho. Pola makan yang sehat dan seimbang sangat penting untuk menjaga kesehatan rambut dan mencegah rambut rontok.

Namun, beberapa makanan dan minuman yang tampak sehat juga bisa merusak kesehatan rambut. Penasaran apa saja? Yuk, simak satu per satu!

1. Produk Olahan Susu
Protein susu memang bermanfaat untuk kesehatan rambut, tetapi produk olahan susu juga mengandung lemak yang bisa meningkatkan kadar testosteron dalam tubuh. Tingkat sekresi testosteron yang tinggi bisa menyebabkan rambut rontok. Selain itu, produk olahan susu juga bisa memperburuk ketombe, eksim, dan psoriasis yang menyebabkan kerontokan rambut.


2. Gula
Asupan gula berlebih bisa menyebabkan sirkulasi darah yang buruk sehingga nutrisi sulit mencapai folikel rambut. Hal ini juga bisa mengakibatkan peradangan kulit kepala dan kerusakan rambut. Gula juga bisa meningkatkan kadar testosteron yang jadi penyebab utama kerontokan rambut.

3. Karbohidrat Olahan
Makanan seperti roti, kue, pasta, dan pizza yang tinggi karbohidrat olahan bisa mengurangi pertahanan tubuh terhadap stres. Jika kamu sudah mengalami kerontokan rambut akibat stres, mengonsumsi karbohidrat olahan bisa memperburuk kondisi rambut. Selain itu, karbohidrat olahan akan berubah menjadi gula setelah dikonsumsi dan semakin memperburuk kesehatan rambut.


4. Ikan Todak
Makanan laut umumnya bermanfaat untuk kesehatan rambut berkat kandungan proteinnya, tetapi ikan todak mengandung merkuri yang cukup tinggi. Merkuri bisa bereaksi dengan mineral lain di dalam tubuh, terutama Zinc yang mendorong pertumbuhan rambut. Kekurangan Zinc bisa menyebabkan rambut rontok.

5. Makanan Berminyak
Konsumsi makanan berminyak secara berlebihan bisa menyebabkan kulit kepala dan rambut berminyak sehingga rambut sulit tumbuh. Hal ini juga bisa menyebabkan kerontokan rambut. Pembersihan kulit kepala dan rambut secara teratur bisa membantu menghindari rambut berminyak dan meningkatkan pertumbuhan rambut yang sehat.


6. Minuman Berkarbonasi
Minuman berkarbonasi bisa bereaksi dengan insulin dalam darah dan mengurangi keefektifannya. Hal ini bisa menyebabkan rambut rontok. Minuman ini juga tinggi gula yang jadi penyebab utama kerontokan rambut.

7. Makanan Berpemanis Buatan
Makanan berlabel ‘sugar free’ kerap jadi pilihan saat mengurangi asupan gula. Namun, banyak makanan yang diklaim ‘sugar free’ justru mengandung pemanis buatan seperti aspartam. Bahan ini bisa menyebabkan kerontokan rambut, depresi, dan masalah seksual. Badan Pengawas Makanan dan Obat- obatan di Amerika Serikat memperingatkan untuk tidak mengonsumsi aspartam karena bisa menyebabkan rambut rontok hingga penipisan rambut.(patrisia argi)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *