Hasil Seleksi Pejabat Eselon II Dilantik, Bupati Bantah Ada Jual Beli Jabatan

Bupati Sukoharjo Wardoyo Wijaya melantik dan mengambil sumpah 192 pejabat struktural, Kamis (29/8).

Sukoharjonews.com (Bendosari) – Empat pejabat eselon Ii hasil seleksi oleh Panitia Seleksi (Pansel) independen beberapa waktu lalu akhirnya dilantik dan diambil sumpahnya oleh Bupati Sukoharjo Wardoyo Wijaya di Pendopo Graha Satya Praja, Kamis (29/8). Pelantikan empat pejabat tersebut bersamaan dengan ratusan pejabat eselon III dan IV. Total ada 192 pejabat struktural yang dilantik, baik promosi, mutasi, maupun rotasi.



Empat pejabat eselon II yang terpilih dan dilantik adalah Sekretaris DPRD Basuki Budi Santosa, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DUPR), Bowo Sutopo Dwi Atmojo, Kepala Dinas Kesehatan Yunia Wahdiyati, dan Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP Abdul Haris Widodo. Dalam pelaksanaan pelantikan tersebut sempat merebak isu jual beli jabatan.

Terkait isu tersebut, Bupati Wardoyo Wijaya mengaku sudah mendengarnya dan ditepisnya. “Saya jamin tidak ada ada jual beli jabatan di Sukoharjo baik terkait pelantikan ini maupun pelantikan-pelantikan pejabat lain selama saya menjabat,” tandasnya.

Bupati mengaku, informasi yang dia terima ada jual beli jabatan dimana pejabat yang akan dilantik dikumpulkan di salah satu hotel. Namun, hotel apa dan dimana tidak jelas kabarnya. Terkait itu tersebut, Bupati membantah dan menepisnya. Menurutnya, sejak dirinya mempimpin Kabupaten Sukoharjo tidak pernah ada jual beli jabatan apapun dalam setiap proses mutasi atau promosi para pejabat.

“Sejak pertama jadi bupati sampai hari ini saat mengangkat pejabat, saya tidak pernah memungut uang jabatan,” tegasnya.

Menurutnya, mekanisme pengisian dilakukan sesuai prosedur yang sudah ada. Pengangkatan pejabat tidak hanya wewenang bupati saja, pasalnya harus ada pertimbangan dan masukan dari Badan Pertimbangan Jabatan dan Kepangkatan (Baperjakat). Terkait dengan mutasi, Bupati mengaku merupakan pergeseran rutin dalam organisasi Pemkab Sukoharjo. Hal itu dilakukan untuk mengisi posisi pejabat yang pensiun maupun untuk penyegaran internal.

Dari 192 pejabat yang dilantik dan diambil sumpahnya, untuk pejabat eselon Ii sebanyak empat orang, pejabat eselon III sebanyak 19 orang, dan pejabat eselon IV sebanyak 192 orang. (erlano putra)



How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.