Hasil Pileg, PDIP Nomor 1, Disusul Gerindra, Golkar, PKS, dan PAN

Ketua DPC PDI Perjuangan Sukoharjo Wardoyo Wijaya beserta istri Etik Suryani ketika memimpin rombongan caleg mendaftar ke KPU beberapa waktu lalu.

Sukoharjonews.com (Sukoharjo) – Pleno rekapitulasi hasil pemilu oleh KPU telah selesai. Meski begitu, hasil perolahan suara masih dalam proses konversi oleh KPU. Hal itu untuk proses penghitungan perolehan kursi masing-masing partai politik. Meski begitu, sudah dapat diketahui jika pemenang pemilu di Sukoharjo adalah PDI Perjuangan (PDIP), disusul Partai Gerindra, Partai Golkar, PKS, dan posisi lima adalah PAN.



Berdasarkan data KPU, PDIP secara keseluruhan meraih 248.685 suara, disusul Gerindra dengan 59.418 suara, Partai Golkar 47.745 suara, PKS 46.120 suara dan PAN 42.707 suara. “Dari hasil pleno tersebut memang sudah bisa diketahui siapa saja caleg yang berhasil mendapat kursi. Namun, penetapan perolehan kursi dan nama calegnya masih dalam proses oleh KPU,” ujar Ketua KPU Kabupaten Sukoharjo, Nuril Huda, Selasa (7/5).

Dari hasil penghitungan tersebut, kursi DPRD Sukoharjo masih didomininasi oleh caleg petahana yang kembali sukses mempertahankan kursinya. Setidaknya ada 31 caleg petahana yang bertahan di DPRD. Terkait nama-nama caleg jadi, sejauh ini belum ada penetapan resmi dari KPU. Namun, Nuril tidak membantah jika nama yang jadi sudah bisa diketahui berdasarkan hasil pleno KPU.

“Secara resmi KPU belum menetapkan nama-nama caleg yang lolos mendapatkan kursi di DPRD. Penetapan nanti menunggu KPU RI meski nama-namanya sudah bisa diketahui,” ujarnya.

Berdasarkan hasil pleno KPU, sejumlah nama petahana yang juga pimpinan DPRD Sukoharjo diketahui masih bertahan di DPRD. Masing-masing Nurjayanto (Ketua DPRD) yang merupakan caleg PDIP dari Dapil I (Sukoharjo, Nguter, Bendosari) sukses meraih suara sebanyak 10.988. Sedangkan, Eko Sapto Wakil Ketua DPRD dari Gerindra yang berangkat dari Dapil V (Polokarto, Mojolaban) meraup sebanyak 9.964.

Dua pimpinan lainnya yang mampu mempertahankan kursi adalah Giyarto (Golkar) yang berangkat dari Dapil II (Weru, Tawangsari, Bulu) yang meraih 9.679 suara. Satu pimpinan lain adalah Sunoto (PAN) yang berangkat dari Dapil III (Kartasura, Baki dan Gatak), yang meraih 4.600 suara. (erlano putra)



Hasil Pileg, PDIP Nomor 1, Disusul Gerindra, Golkar, PKS, dan PAN
5 (100%) 1 vote[s]

Facebook Comments

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed