Ragam  

Hasil Panen Petani MT 2 Sukoharjo Bagus, Rata-Rata Hasilkan 9 Ton Per Hektar

Ilustrasi.

Sukoharjonews.com (Sukoharjo) – Lahan pertanian padi di Kabupaten Sukoharjo untuk masa tanam 2 (MT 2) sebagian besar sudah memasuki masa panen. Hasil panen padi di MT 2 ini sangat bagus karena rata-rata hasilnya mencapai 9 ton per hektar. Kondisi tersebut sangat menggembirakan di tengah masa pandemi corona saat ini.




“Rata-rata untuk hasil panen MT 2 bagus karena hasilnya bisa mencapai 9 ton per hektar,” jelas Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Sukoharjo, Bagas Windaryatno, Rabu (6/10/2021).

Dikatakan Bagas, saat ini diakuinya sebagian besar lahan padi di Sukoharjo sudah panen untuk MT 2 sehingga mulai mengolah lahan untuk MT 3. “Salah satu lahan pertanian yang hasilnya bagus ada di Kelurahan Sukoharjo yang baru saja panen raya dengan varitas Inpari 32 dan hasilnya memuaskan.

Bagas mengaku secara umum tidak ada persoalan terkait dengan kondisi pertanian di Kabupaten Sukoharjo. Selain hasil panen bagus, ujar Bagas, harga gabah juga cukup tinggi sehingga memuaskan petani karena mendapatkan hasil yang bagus. Bagas berharap untuk hasil panen MT 3 mendatang juga bagus.

Terpisah, Ketua Paguyuban Petani Pengguna Air (P3A) Dam Colo Timur, Jigong Sarjanto, mengakui saat ini sebagian besar petani sudah mulai masuk ke MT 3 setelah panen MT 2. Jigong mengatakan, untuk hasil panen MT 2 rata-rata bagus. Namun, untuk MT 3 nanti Jigong belum bisa memprediksi karena ada penutupan aliran air Dam Colo.

“Sebenarnya kami sudah mengajukan permohonan agar tahun ini tidak ada penutupan Dam Colo dengan alasan pandemi dan juga stok air di Waduk Gajah Mungkur mencukupi. Namun, Dam Colo diputuskan tetap ditutup meski jadwalnya dimundurkan,” ujarnya. (erlano putra)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *