Haruskah Anda Mengadakan Cheat Meals atau Cheat Days?

Pentingnya cheat meals dan cheat day.(Foto: Hipwe)

Sukoharjonews.com -Meskipun memilih pola makan yang tepat bisa jadi sulit, seringkali tantangan terbesar penurunan berat badan adalah membuat dan mempertahankan kebiasaan baru yang mendukung kesehatan atau tujuan penurunan berat badan Anda tanpa melewatkan makanan yang Anda sukai.


Dilansir dari Health, Selasa (11/4/2024), Penggabungan cheat food atau cheat day ke dalam rencana diet telah populer di kalangan penggemar kebugaran selama beberapa waktu, namun kini mulai menjadi budaya diet arus utama melalui media sosial.

Apa Itu Cheat Day dan Makanan?
Teori di balik strategi diet berbasis penghargaan ini adalah dengan membiarkan diri Anda memanjakan diri dalam waktu singkat, kemungkinan besar Anda akan tetap berpegang pada diet yang telah Anda tentukan di sebagian besar waktu.

Saat menggunakan strategi curang, orang biasanya akan menggunakan pendekatan cheat feeding atau cheat day. Sesuai dengan namanya, cheat food adalah makanan tunggal yang menyimpang dari pola diet yang Anda rencanakan, sedangkan cheat day memungkinkan Anda memilih makanan gratis sepanjang hari.

Metode cheat diet sangat bervariasi. Cara penerapannya mungkin terlihat sangat berbeda bagi setiap orang, bergantung pada preferensi dan tujuan diet seseorang.


Makanan yang Anda makan sebagai makanan curang juga akan bervariasi dari orang ke orang karena selera masing-masing, namun sering kali makanan tersebut terdiri dari makanan berkalori tinggi yang tidak diperbolehkan dalam rencana diet pada umumnya.

Tidak ada pedoman khusus mengenai kapan atau seberapa sering makan curang atau hari curang Anda harus dilakukan. Seringkali orang akan menyertakan satu cheat per minggu, namun hal ini dapat berubah tergantung pada tujuan kesehatan atau penurunan berat badan orang tersebut.Dengan cara ini, strategi curang dapat disesuaikan dan diterapkan bersamaan dengan banyak pola diet yang berbeda .

Perhatikan bahwa pendekatan cheat food tidak cocok untuk semua gaya diet. Beberapa diet, seperti diet ketogenik , memerlukan kepatuhan yang sangat ketat dan tidak ada ruang untuk berbuat curang. Oleh karena itu, strategi curang paling baik digunakan dalam diet yang memberikan fleksibilitas.


Fokus pada Satu Cheat Treat
Strategi lain yang mungkin bermanfaat bagi upaya diet Anda adalah berfokus hanya pada satu atau dua makanan curang, daripada mencoba memasukkan semuanya sekaligus.

Misalnya, jika Anda merencanakan makanan curang, daripada makan burger keju, koktail manis, dan hidangan penutup, pilihlah satu atau dua saja dari pilihan yang memanjakan ini.

Dengan memfokuskan perhatian Anda hanya pada satu suguhan, kecil kemungkinan Anda akan mengarah ke arah yang tidak sehat dengan mengonsumsinya secara berlebihan selama masa curang. Selain itu, Anda dapat terus mengonsumsi makanan sehat dan menghindari makanan yang Anda tahu sulit dikendalikan sambil tetap mematuhi aturan diet.

Ini mungkin terlihat seperti hari tanpa mencatat kalori atau makronutrien atau menikmati makanan di luar tanpa mengkhawatirkan apa yang Anda pilih dari menu. Strategi ini mungkin paling berguna bagi mereka yang kesulitan mengendalikan diri saat makan.


Kunci sukses dalam perubahan gaya hidup besar apa pun adalah persiapan. Jika Anda mempunyai rencana yang solid, kecil kemungkinan Anda akan menyerah pada godaan karena rencana Anda dibuat untuk mendukung Anda.

Dengan adanya hari curang atau jam makan, mungkin sulit bagi sebagian orang untuk mengetahui kapan harus mengerem. Kurangnya pengendalian diri dapat membuat tujuan diet Anda kurang berhasil dalam jangka panjang.

Menerapkan rencana untuk hari-hari curang – seperti yang Anda lakukan pada hari-hari diet biasa – adalah cara yang baik untuk tetap berada di jalur yang benar. Artinya, meskipun Anda membiarkan diri Anda mengonsumsi makanan yang biasanya tidak Anda konsumsi, Anda tetap dapat mengendalikan situasi tersebut.

Misalnya, merencanakan kapan dan di mana cheat food Anda akan diadakan adalah langkah awal yang baik. Jika Anda tahu Anda akan mengadakan pesta ulang tahun atau acara sosial lainnya di akhir minggu, sebaiknya rencanakan makanan curang atau hari curang Anda di sekitar acara tersebut.(patrisia argi)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *