Guru Diberi Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan

PGRI Sukoharjo bekerjasama dengan MPR RI menggelar sosialisasi empat pilar kebanggsaan di Pendopo Graha Satya Pemkab, Kamis (28/9).

Sukoharjonews.com – Sebanyak 325 guru anggota PGRI Kabupaten Sukoharjo mengikuti sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan dari MPR RI, Kamis (28/9). Sosialisasi digelar di Pendopo Graha Satya Praja Pemkab. Materi yang diberikan masing-masing Pancasila Sebagai Dasar dan Ideologi Negara, UUD 1945 sebagai Konstitusi Negara serta Ketetapan MPR, NKRI Sebagai Bentuk Negara, dan Bhinneka Tunggal Ika sebagai Semboyan Negara.

Hadir dalam sosialisasi tersebut empat orang perwakilan MPR RI. Masing-masing Hardi Soesilo (Fraksi Golkar), Yoseph Umarhadi (Fraksi PDI Perjuangan), Mohammad Toha (Fraksi PKB) dan Muzamil Yusuf (Fraksi PKS). “Kami mengapresiasi PGRI Sukoharjo yang menggelar sosialisasi ini,” ujar Ketua Rombongan Hardi Soesilo.

Dalam kesempatan itu, Hardi menjelaskan tentang sejarah Pancasila serta UUD. Menurutnya, memahami Pancasila tidak hanya sekedar sila-silanya saja. Tapi, juga sejarahnya yang diamanahkan oleh pendiri bangsa terdahulu. Guru merupakan salah satu kunci penggerak informasi yang digugu dan ditiru sehingga dalam penyampaian empat pilar kebangsaan harus mampu dibangun secara struktural untuk membangun sikap dan mental anak-anak.

Sedangkan Ketua PGRI Kabupaten Sukoharjo Bambang Sutrisno menjelaskan, kegiatan sosialisasi tersebut merupakan kerjasama MPR RI dan PGRI Sukoharjo. Kegiatan sendiri diikuti 325 orang perwakilan guru. PGRI berharap para anggota PGRI dapat meneruskan materi sosialisasi serta memberikan pentingnya empat pilar kepada siswa didik masing-masing.

Sedangkan Asisten Pemerintahan Setda Pemkab Sukoharjo Hasni mengapresiasi terselenggaranya acara sosialisasi empat pilar tersebut. Menurutnya, sosialisasi empat pilar kebangsaan merupakan sesuatu yang sangat essential dalam rangka memperkokoh semangat persatuan dan kesatuan bangsa. Guru merupakan elemen penting di dalam menumbuh suburkan semangat tersebut. (erlano putra)

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.