Giliran Saluran Air Langenharjo Dikeruk dan Dilebarkan

Normalisasi saluran air dikerjakan DPUPR di Langenharjo, Grogol untuk antisipasi banjir di kawasan Solo Baru.

Sukoharjonews.com (Sukoharjo) – Penanganan banjir di wilayah perkotaan tengah dikerjakan dengan menormalisasi saluran air pembuang di kawasan Bulakrejo. Upaya penanganan banjir tidak berhenti di situ. Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) pun mulai mengerjakan normalisasi saluran air di Langenharjo, Grogol. Mormalisasi dilakukan dengan pengerukan dan pelebaran saluran air.



“Yang Bulakrejo masih berjalan, saat ini dikerjakan pula saluran air di Langenharjo khususnya saluran disisi selatan Jalan Suwarno Honggopati,” terang Kepala Kepala DPUPR Sukoharjo Suraji, Kamis (23/8).

Dikatakan Suraji, dengan pengerjaan saluran tersebut diharapkan saat musim hujan mendatang masalah banjir bisa berkurang. Selama ini, banjir sering terjadi di depan Balai Desa Langenharjo karena saluran mengecil dan penuh sampah. Perbaikan saluran air di Jalan Suwarno Honggopati, Langenharjo sendiri sudah dikerjakan sejak awal Agustus lalu.

Normalisasi saluran dilakukan dengan mengeruk sedimentasi dan sampah yang ada disepanjang saluran air mulai dari pertigaan atau timur Balai Desa Langenharjo sampai ke pertigaan Rumah Sakit Indriati. Pengerukan dilakukan menggunakan sebuah alat berat dan mengerahkan sejumlah pekerja. Disekitar lokasi juga telah disediakan tumpukan material bangunan berupa pasir dan batu yang siap digunakan untuk membuat talud.

Seperti diketahui, perbaikan saluran air di Jalan Suwarno Honggopati, Langenharjo sudah menjadi program lama Pemkab Sukoharjo. Namun, dalam pelaksanaanya membutuhkan sejumlah persiapan mengingat kendala yang dihadapi. Salah satunya keberadaan PKL di kawasan tersebut. Pasalnya, selama ini banyak PKL yang mendirikan lapak diatas saluran air.

“Setelah steril dari pedagang maka pengerjaan dikebut dengan harapan saat musim hujan masalah banjir bisa tertangani,” ujarnya.

Nantinya, apabila perbaikan sudah selesai semua maka Pemkab Sukoharjo juga berencana melakukan melanjutkan program penuntasan masalah banjir. Sasarannya yakni saluran air di Jalan Dlopo Baki sampai di pertigaan depan Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Kadilangu, Baki. (erlano putra)



How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments