Ragam  

Gerebeg Pakujoyo, Ajang Promosi Potensi Kelurahan Gayam

Gunungan berisi mie instan menjadi salah satu dari tiga gunungan yang dikirab saat Gerebag Pakujoyo, Minggu (1/9).

Sukoharjonews.com (Sukoharjo) – Kelurahan Gayam memperingati HUT Ke-77, Minggu (1/9). Dalam rangka HUT tersebut, Kelurahan menggelar Gerebeg Pakujoyo untuk kali pertama. Event gerebeg tersebut selain untuk memperingati HUT Kelurahan Gayam, sekaligus untuk mempromosikan potensi yang dimiliki kelurahan. Gerebeg Pakujoyo sendiri berjalan meriah dan disaksikan ribuan warga Gayam dan sekitarnya.



Peserta gerebeg sendiri merupakan perwakilan dari RT/RW maupun pedukuhan yang mulai berkumpul di depan Kelurahan Gayam dimana gerebeg dimulai pukul 07.00 WIB. Setiap perwakilan menampilkan beraneka macam potensi masing-masing. Ada yang menampilkan kelompok kesenian, reog, Tari Kebo Kinul, hingga marching band. Gerebag juga menampilkan tiga gunungan dengan tinggi tiga meter.

Satu gunungan palawija hasil pertanian warga, dan dua lainnya berisi mie instan. Uniknya dua gunungan yang berisi mie instan tersebut terdapat puluhan amplop putih yang berisi uang kertas. Ketiga gunungan tersebut panggul oleh peserta mengelilingi jalan-jalan perkampungan dan berhenti di Taman Pakujoyo. Peserta gebereg diberangkatkan oleh Camat Sukoharjo, Gondang Rejono. Terlihat, Lurah Gayam Havid Danang PW berada di barisan terdepan dengan naik kuda saat kirab gerebeg.

Camat Sukoharjo Gondang Rejono saat memberangkatkan peserta Gerebeg Pakujoyo, Minggu (1/9).

“Event Gerebeg Pakujoyo ini memang baru kali pertama digelar. Rencananya, event ini akan dibuat rutin tiap tahun untuk mempromosikan potensi kelurahan,” ujar Lurah Gayam, Havid Danang.

Dikatakan Havid, dengan gerebeg tersebut diharapkan potensi Taman Pakujoyo semakin dikenal masyarakat sehingga dapat meningkatkan kunjungan di taman tersebut. Havid mengaku antusiasme warga sangat tinggi karena di sepanjang rute kirab saat gerebeg dipenuhi oleh warga yang ingin menyaksikan event pertama tersebut. (erlano putra)



How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *