Gempa Turki, Muhammadiyah Siap Berangkatkan Relawan Kesehatan dan Kemanusiaan

ekretaris Umum PP Muhammadiyah, Abdul Mu’ti. (Foto: Dok Muhammadiyah)

Sukoharjonews.com (Jakarta) – Terkait musibah gempa yang melanda Turki dan Suriah, Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah menyampaikan belasungkawa yang mendalam. Gempa tersebut menimbulkan ribuan korban baik yang meninggal dunia maupun yang luka-luka.


“Sebagai bangsa yang besar, bangsa Turki akan tetap sabar dan tegar,” ujar Sekretaris Umum PP Muhammadiyah, Abdul Mu’ti, dilansir dari laman Muhammadiyah, Selasa (7/2/2023) di Jakarta.

Sebagai bentuk dukungan spiritual, lanjut Mu’ti, PP Muhammadiyah mengimbau umat Islam, khususnya warga Muhammadiyah untuk memanjatkan doa dan shalat Ghaib untuk mereka yang wafat.

Selain itu, Mu’ti juga menerangkan bahwa Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) siap memberangkatkan relawan kesehatan dan kemanusiaan untuk membantu melakukan evaluasi dan layanan medis ke Turki.


“Lazismu juga menghimpun bantuan dana untuk disalurkan kepada masyarakat Turki yang terdampak gempa,” tambahnya.

MDMC telah menyiapkan 29 relawan dalam keadaan siaga dan siap berangkat. Saat ini, EMT Muhammadiyah tengah berkoordinasi dengan pemerintah yaitu BNPB, Kememko PMK, Pusat Krisis Kemenkes dan Kementerian Luar Negeri.

Rencananya, 29 relawan dalam tim EMT itu sendiri terdiri dari lima Dokter Emergency, dua Dokter bedah orthopedi, tujuh Perawat, dua Apoteker, satu Bidan, satu Psikolog, satu Safety & Security Officer, tujuh logistik (setup WASH dan lainnya), satu Admin Medis, satu Dokumentator, dan satu Liaison Officer (P). (nano)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *