Gara-gara Ini Film “Lightyear” Dilarang Beredar di Indonesia

Film Lightyear. (Foto: Instagram @pixarlightyear)

Sukoharjonews.com – Film animasi produksi Disney-Pixar “Lightyear” dilarang beredar di Indonesia dan belasan negara lain. Film tersebut dilaporkan telah dilarang beredar di 14 negara termasuk Indonesia karena menampilkan adegan “LGBT”, yakni bersiuman sesama jenis.


Dikutip dari Antara, Rabu (15/6/2022), pada Senin (13/6/2022), film “Lightyear” tersebut dilarang oleh Uni Emirat Arab karena melanggar standar media negara tersebut. Dikutip dari Independent, Disney dilaporkan tidak dapat “mengamankan” perilisan “Lightyear” di 14 negara Timur Tengah dan Asia, termasuk Arab Saudi, Lebanon, Kuwait, Mesir, Indonesia, dan Malaysia.

Film ini kemungkinan juga tidak akan dirilis di China, menurut laporan South China Morning Post.

Seorang produser “Lightyear” dilaporkan mengatakan bahwa dia menganggap film itu tidak akan diputar di China setelah Disney menolak untuk membuat pemotongan yang diminta pihak berwenang.

Film tersebut dilaporkan menyertakan ciuman singkat antara Hawthorne, karakter wanita yang disuarakan oleh aktris Uzo Aduba, dengan wanita yang menjalin hubungan dengannya.

Pada pemutaran perdana film tersebut di London pada hari Senin, Produser Galyn Susman mengatakan bahwa Disney tidak akan memotong apapun dari film.

“Terutama sesuatu yang penting seperti hubungan cinta dan inspirasional yang menunjukkan Buzz apa yang dia lewatkan dengan pilihan yang dia buat,” ucap dia.

“Lightyear” diharapkan menjadi daya tarik utama bagi Disney, dengan analis memperkirakan film itu bisa menghasilkan pendapatan kotor lebih dari 82 juta pound di akhir pekan pertama.

Pada awal tahun ini, rilisan Disney/Marvel “Doctor Strange in the Multiverse of Madness” ditolak rilis di Arab Saudi dan negara lain karena konten LGBT. (nano)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *