Ragam  

Galakkan Aksi “Go Green”, Bupati Pimpin Tanam 6.000 Pohon

Penanaman 6.000 pohon di Dukuh Duren, Desa Alasombo, Kecamatan Weru bersama Bupati Sukoharjo, Etik Suryani, Kamis (18/11/2021).

Sukoharjonews.com (Weru) – Aksi penanaman pohon terus dilakukan di Kabupaten Sukoharjo untuk menggalakkan go green. Seperti yang dilakukan di Dukuh Duren, Desa Alasombo, Kecamatan Weru, dimana dilakukan penanaman 6.000 pohon bersama Bupati Sukoharjo, Etik Suryani, Kamis (18/11/2021). Penanaman pohon tersebut dilakukan oleh Elemen Sukoharjo Bersatu bersama dinas terkait.




“Apresiasi dan terima kasih pada Elemen Sukoharjo Bersatu yang menggelar kegiatan penanaman pohon ini,” ujar Etik.

Lebih lanjut dikatakan Etik, pohon memiliki peran penting dalam kehidupan dan menyelamatkan bumi dari pemanasan global. Manfaat terbesar pohon adalah menghasilkan oksigen yang dibutuhkan oleh seluruh makhluk hidup. Penanaman pohon juga berfungsi dalam mencegah banjir dan longsor saat musim hujan dan mencegah kebakaran dan kekeringan saat musim kemarau. Penebangan pohon secara berlebihan memberi dampak buruk bagi kehidupan, apabila tidak dilakukan tindakan seperti regenerasi dan reboisasi atau penghijauan.

Terkait hal itu, lanjut Etik, langkah konkrit yang dapat ditempuh untuk mengatasi efek negatif yang akan terjadi pada lingkungan adalah dengan melakukan penanaman pohon demi terciptanya kelestarian lingkungan dan terjaganya kesimbangan iklim.

Etik juga mengatakan, kegiatan penanaman pohon bertujuan untuk menciptakan areal yang asri dan menjadi paru-aru daerah dengan berbagai manfaat lingkungan seperti menjaga keseimbangan sistem ait di alam, mencegah terjadinya erosi dan pengikisan tanah, dan selain itu juga untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam menanam dan memelihara tanaman dalam rangka mencapai pembangunan yang hijau (green development).

“Saya harap kegiatan ini dapat menjadi pilot project bagi instansi lain sehingga program pemerintah untuk menggalakkan aksi “go green” dan ramah lingkungan akan terwujud di Kabuoaten Sukoharjo,” tambah Bupati.

Sebelumnya, Bupati juga melepas aksi elemen kepemudaan Sukoharjo yang menggelar aksi sosial serupa. Elemen kepemudaan tersebut juga melakukan penanaman pohon dalam upaya penghijauan dan pelestarian lingkungan. Para pemuda tersebut dilepas Bupati dari halaman Setda Pemkab Sukoharjo. (erlano putra)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *