Fun Fact Sejumlah Aturan Berpakaian di Berbagai Negara

Ilustrasi. (Foto: Hipwee)

Sukoharjonews.com – Setiap negara di dunia memiliki peraturan setempat yang apabila dilanggar, maka akan dianggap ilegal di negara tersebut. Sama seperti undang-undang, ada banyak aturan berpakaian tidak biasa yang harus diikuti oleh wisatawan saat mengunjungi destinasi asing, meski beberapa di antaranya mungkin terdengar aneh.


Dilansir dari Beautynesia, Rabu, (4/1/2023) untuk menghormati budaya setempat dan menghindari hal-hal tidak menyenangkan (seperti denda), penasaran simak berikut ini:

1. Larangan Pakai Sandal Jepit saat Berkendara di Spanyol
Demi tujuan keselamatan, undang-undang di Spanyol melarang pengemudi memakai sandal, sandal jepit, atau sepatu berujung terbuka ketika berkendara. Hal itu termasuk pelanggaran kriminal dan bisa didenda sebesar 200 Euro.

2. Larangan Pakai Sepatu Hak Tinggi di Yunani
Pada tahun 2009, pemerintah Yunani memberlakukan larangan memakai sepatu hak tinggi di beberapa situs arkeologi bersejarah, seperti Acropolis dan Peloponnese. Sebab, dikhawatirkan sepatu hak tinggi akan dapat menggores dan merusak batu monumen yang sudah rapuh.


3. Larangan Motif Kamuflase di Barbados, St. Vincent, dan St. Lucia
Sejak tahun 1980, memakai pakaian dengan motif kamuflase adalah melanggar hukum dan bisa didenda di Barbados, St. Vincent, dan St. Lucia. Larangan itu berlaku untuk mencegah anggota geng menggunakan motif kamuflase, camo, atau loreng untuk menyamar sebagai tentara dan melakukan kejahatan.

4. Larangan Pakai Dasi di Iran
Bukan karena panas, tetapi, dasi adalah pakaian politik dan dilarang oleh kepemimpinan karena berkontribusi pada penyebaran budaya barat di negara Iran.

5. Wajib Pakai Celana Renang Ketat saat Berenang di Prancis
Banyak kolam renang umum di Prancis melarang celana renang longgar untuk laki-laki. Jadi, seseorang tidak akan diizinkan masuk untuk berenang jika tidak mengenakan celana renang yang pas.


6. Larangan Cross-dressing di Saudi Arabia, Sudan, dan Kuwait
Negara-negara Arab seperti Arab Saudi, Sudan, dan Kuwait telah melarang cross-dressing, atau cara berpakaian yang menyerupai atau khas lawan jenis.

Ini seperti dikutip via Travel Earth. Pada saat yang sama, berperilaku seperti perempuan juga dilarang bagi laki-laki. Hal ini disebut sebagai bagian dari kampanye memerangi fenomena kaum gay dan transeksual yang berkembang.

7. Wajib Pakai Celana Dalam di Thailand
Ada dua larangan terkait busana yang populer di Thailand. Pertama, jangan pergi ke tempat umum tanpa mengenakan celana dalam.

Kedua, ilegal untuk mengemudi dengan bertelanjang dada, baik bagi laki-laki maupun perempuan. Jika ada yang melanggar, seseorang dapat dikenakan denda besar atau bahkan menjalani hukuman penjara. (patrisia argi/mg)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *