Forum Silaturahmi Lintas Agama Tangkal Gelombang Radikalisme

Bupati Sukoharjo Wardoyo Wijaya dalam acara Fasilitasi Pencapaian Halaqoh dan Berbagai Forum Keagamaan, Rabu (14/11) di Pendopo Graha Satya Praja.

Sukoharjonews.com (Bendosari) – Pemkab Sukoharjo menggelar kegiatan Fasilitasi Pencapaian Halaqoh dan Berbagai Forum Keagamaan, Rabu (14/11) di Pendopo Graha Satya Praja. Kegiatan tersebut digelar oleh Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol). Forum silaturahmi lintas agama dengan elemen anak bangsa tersebut digelar dalam upaya peningkatan wawasan kebangsaan menangkal gelombang radikalisme yang tengah marak.



Tema kegiatan itu sendiri adalah “Silaturahmi Lintas Agama dan Eelemen Anak Bangsa, Penguatan Karakter Kebangsaan dalam Mejaga Eksistensi Pancasila Ditengah Gelombang Radikalisme dan Terorisme”. Dalam sambutannya Bupati Sukoharjo Wardoyo Wijaya mengatakan, dengan kegiatan tersebut diharapkan akan lebih dapat memantapkan cara pandang dan pemahaman kebangsaan. Sehingga, akan dapat mengurangi potensi konflik dan mampu meredam berkembangnya paham-paham negatif yang beredar di masyarakat akhir-akhir ini.

“Harus kita akui bersama, bahwa saat ini wawasan kebangsaan sudah mulai tergeser oleh berbagai budaya asing yang masuk, khususnya tidak bangga atas negaranya sendiri namun lebih membanggakan negara lain yang menurut pandangan mereka lebih baik dan modern,” ujar Bupati.

Sedangkan Kepala Kantor Kesbangpol Sukoharjo Gunawan Wibisono menyampaikan, kegiatan tersebut bertujuan memberikan pembekalan kepada pemuda elemen anak bangsa dan tokoh agama. Khususnya dalam memahami pentingnya karakter bangsa sebagai upaya menjaga eksistensi Pancasila ditengah gelombang radikalisme dan terorisme khususnya di Kabupaten Sukoharjo.

Kegiatan itu sendiri menghadirkan nara sumber Dosen Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Solo Amir Mahmuh. Dalam kesempatan itu, Amir Mahmud menyampaikan materi penguatan karakter kebangsaan dalam menjaga eksistensi Pancasila ditengah gelombang radikalisme dan terorisme. (erlano putra)



How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments