Ragam  

Forum Peduli Buruh Sidak Perusahaan Soal Pembayaran UMK

Ilustrasi Upah Minimum Kabupaten (UMK) 2020.

Sukoharjonews.com (Sukoharjo) – Pembayaran gaji buruh mendapat perhatian Forum Peduli Buruh (FPB) Sukoharjo. Hal itu terkait dengan pembayaran gaji buruh sesuai Upah Minimum Kabupaten (UMK) 2020. Untuk memastikan, FPB melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke sejumlah perusahaan sebagai sampel. Sejauh ini, dari sejumlah sampel perusahaan yang disidak FPB, belum ada perusahaan yang melakukan pelanggaran dalam pembayaran UMK 2020.



“Pantauan akan terus kami lakukan dengan melakukan sidak ke perusahaan. Karena ada 400-an perusahaan, sidak kami lakukan dengan mengambil sampel,” ujar Ketua FPB Sukoharjo, Sukarno, Rabu (26/2/2020).

Dikatakan Sukarno, UMK Sukoharjo 2020 sebesar Rp1.938.000 dan resmi berlaku sejak Januari lalu. Untuk itu, pada bulan kedua Februari ini FPB melakukan pengecekan lapangan ke perusahaan-perusahaan. Menurutnya, dalam sidak yang dilakukan pada Selasa (25/2/2020), FPB mengambil sampel tiga perusahaan yang berada di Jalan Slamet Riyadi, Kartasura. Dalam sidak, FPB melakukan pengecekan ke manajemen perusahaan dan juga serikat buruh setempat.

Tiga perusahaan yang menjadi sampel sidak FPB Sukoharjo bergerak dibidang berbeda. Pengambilan sampel sendiri dilakukan secara acak dan sidak lanjutan akan kembali dilakukan kamis (27/2020) besok dengan sampel yang berbeda. Sukarno mengaku, dalam sidak tersebut FPB tidak hanya mengecek pembayaran UMK, melainkan juga masalah lain seperti kepesertaan BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan.

Disinggung ada tidaknya laporan dari buruh, Sukarno mengaku sampai saat ini belum ada buruh dari perusahaan tertentu yang melaporkan atau mengeluhkan mengenai pembayaran UMK 2020. Rencananya, pantauan FPB akan dilakukan hingga beberapa bulan ke depan. (erlano putra)



How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *