Ragam  

FKUB Kunker ke Bali, Berbagi Pengalaman Wujudkan Kerukunan Beragama

Rombongan FKUB Sukoharjo saat melakukan kunjungan kerja ke Bali, 13-15 Desember lalu. (Foto: Istimewa)

Sukoharjonews.com (Sukoharjo) – Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Sukoharjo melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Bali terkait kerukunan beragama. Kunjungan ke Provinsi Bali dilakukan pada 13-15 Desember lalu. Rombongan FKUB Sukoharjo dipimpin langsung Ketua Zainul Abbas. Selain diikuti anggota FKUB, kunjungan juga didampingi sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Seperti Kantor Kesbangpol, Bagian Kesra, Bagian Pemerintahan dan Bagian Humas dan Protokol.

Dalam rilis Bagian Humas dan Protokol Pemkab Sukoharjo, Senin (17/12) menyebutkan, rombongan melakukan kunjungan ke FKUB Provinsi Bali yang diterima langsung oleh Ketua FKUB Provinsi Bali, Ida Panglingsir Agung Putra Sukahet, yang sekaligus sebagai Ketua Asosiasi FKUB Indonesia. Dalam kesempatan itu, Ida Penglingsir menyambut gembira atas kunjungan FKUB Sukoharjo sehingga bisa saling belajar dalam mewujudakan kerukunan umat beragama di Indonesia.

“Kerukunan, kenyamanan dan ketrentaman di Bali ini kita bangun bersama-sama, dengan kerukunan ini pula Bali dapat maju perekonomian dan pembangunannya,” jelas Ida Penglingsir.

Sedangkan Ketua FKUB Sukoharjo Zainul Abas mengatakan, tujuan dari kunjungan kerja ke Provinsi Bali ini, adalah sharing pengalaman dan tukar menukar informasi dalam membangun kerukunan antar umat beragama. Menurutnya, Sukoharjo ingin belajar dari Bali dalam mewujudkan kerukanan antar umat beragama, sehingga ada penambahan wawasan dan ilmu yang dapat diimplementasikan di Sukoharjo ke depannya.

Zainul juga mengatakan, dirinya sangat terkesan dengan kerukunan dan toleransi di Provinsi Bali. Hal itu terbukti dengan adanya kerja sama dan saling pengertian antar umat beragama di Bali. Misalnya, ada tempat ibadah yang menjadi satu Lokasi, salah satunya di Puja Mandala, dimana ada Masjid, Gereja, Pura dan Vihara yang terdapat di satu lokasi dan dikelola dengan baik.

“Adanya forum pemuda dan wanita lintas agama yang menjadi bagian dari FKUB, hal ini menjadi poin penting dan akan kami pikirkan di Sukoharjo untuk mengajak pemuda dan perempuan dalam mewujudkan kerukanan umat beragama di Sukoharjo,” katanya. (erlano putra)

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments