‘Dune: Part Two’ Akan Menghidupkan Kembali Box Office, Targetkan Debut dengan USD80 Juta

“Dune: Part Two”. (Foto: Variety)

Sukoharjonews.com – Penjualan tiket di box office akhir pekan ini akan mengalir sebebas bumbu di planet gurun Arrakis. Sekuel berbiaya besar karya sutradara Denis Villeneuve, “Dune: Part Two,” di mana “rempah-rempah” adalah komoditas yang sangat kuat, menargetkan USD70 juta hingga USD80 juta pada akhir pekan pembukaannya.


Dikutip dari Variety, Kamis(29/2/2024), Warner Bros., studio di balik epik fiksi ilmiah ini, secara konservatif memproyeksikan pendapatan awal sebesar USD65 juta, meskipun sebagian besar peramal box office percaya bahwa pendapatannya bisa mendekati angka USD90 juta. Di box office internasional, film lanjutan dari “Dune” yang dirilis pada tahun 2021 diperkirakan akan mengumpulkan USD80 juta hingga USD90 juta dari sekitar 70 pasar.

Tidak peduli di mana penghitungan awal berakhir, “Dune: Part Two” akan memberikan kejutan besar dan penting bagi bioskop. Awalnya dijadwalkan untuk tayang di layar lebar pada musim gugur yang lalu, tetapi ditunda hingga musim semi karena pemogokan para aktor menghalangi Timothée Chalamet, Zendaya dan lawan mainnya untuk dapat mempromosikan film tersebut.


Sekarang, ini adalah saat yang buruk bagi industri ini, dengan pendapatan yang turun sekitar 18% dari tahun 2023. Berdasarkan perkiraan saat ini, sekuel ini akan mendapatkan penayangan akhir pekan terbesar sejak film thriller Blumhouse Oktober lalu “Five Nights at Freddy’s” (USD80 juta).

Penjualan tiket diperkirakan akan melampaui pendahulunya, yang dibuka selama pandemi menjadi USD41 juta sekaligus tayang di HBO Max. “Dune: Part One” berakhir dengan pendapatan USD402 juta di seluruh dunia, satu-satunya keuntungan finansial dari strategi rilis hybrid studio di era COVID. Namun, para analis merasa film aslinya akan lebih besar jika dirilis secara eksklusif di bioskop.

Sekuelnya, yang diproduksi bersama dan dibiayai bersama oleh Legendary Entertainment, menelan biaya USD190 juta, belum termasuk jutaan dolar untuk pemasaran dan upaya promosi global lainnya.


“Bagian Kedua” adalah satu-satunya rilis baru akhir pekan ini, sehingga akan menguasai sebagian besar layar Imax dan Dolby. Untuk “Bagian Satu”, 50% pendapatan domestik berasal dari format besar premium. “Dune” juga tampaknya mendapatkan keuntungan dari permintaan yang terpendam (belum ada blockbuster dalam beberapa minggu) dan niat baik terhadap film aslinya. Tapi akankah chapter kedua mampu memperluas basis penggemar penggemar fiksi ilmiah?

Berdasarkan paruh kedua buku besar Frank Herbert, “Dune 2” melanjutkan pencarian mitis Paul Atreides dari Chalamet, yang masih dalam pelarian dan mencari keselamatan di gurun setelah bangsawan kuat mengkhianati keluarganya. Austin Butler, Florence Pugh, dan Christopher Walken bergabung dengan sejumlah pemeran Zendaya, Rebecca Ferguson, Josh Brolin, dan Stellan Skarsgård.

Penerimaan dan promosi dari mulut ke mulut sangat positif, dengan kepala kritikus film Variety, Peter Debruge, memuji sekuel tersebut sebagai “narasi yang berisi dan mencakup segalanya.” Kritikus Los Angeles Times Joshua Rothkopf menyebut film tersebut sebagai “sebuah pencapaian instan dalam genrenya.” (nano)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *