Dongkrak Literasi Digital, Kemenag Siapkan Aplikasi Pembelajaran Al-Quran Berbasis Digital dan Online

Seminar Pendidikan Al-Quran. (Foto: Kemenag)

Sukoharjonews.com (Bogor) – Dalam upaya merespon perkembangan literasi digital, Kementerian Agama tengah menyiapkan aplikasi pembelajaran Al-Quran berbasis digital dan online. Hal ini disampaikan Kasubdit Pendidikan Al-Quran Direkorat PD Potren Kementerian Agama, Mahrus saat menjadi narasumber pada Seminar Al-Quran Pendidikan Al-Quran di Bogor, Minggu (29/5/2022).


Menurut Mahrus, pengembangan aplikasi ini dikembangkan dalam rangka merespon perkembangan literasi digital. Nantinya, aplikasi pembelajaran Al-Qur’an digital online ini tetap akan menjaga kualitas standar kelulusan. Selain aspek teknis, keterlibatan pengajar yang bersanad juga tetap menjadi keharusan.

“Apapun metode yang digunakan, yang terpenting guru pengajarnya mempunyai sanad Al-Quran yang jelas,” jelas Mahrus di Bogor, dikutip dari laman Kemenag, Senin (30/5/2022).

Merespon hal ini, KH Ahsin Sakho Muhammad yang juga hadir sebagai narasumber menggarisbawahi pentingnya kesiapan dan ketersediaan pengajar dalam menghadapi tantangan pendidikan Al Quran di era digital. Pakar Ilmu Qiraat ini mengatakan, ketersediaan mushaf Al-Quran, baik cetak maupun digital, belum menjamin seseorang bisa terlepas dari buta huruf Al-Quran jika tidak ada guru yang mengajarkannya.

Pengasuh pesantren Darul Quran Cirebon ini juga mengusulkan alangkah baiknya jika ada semacam ‘bank guru pengajar Al-Quran’ yang siap didistribusikan untuk mengajarkan Al-Quran.

Diskusi panel pada seminar yang dipandu oleh Fathuri Mumtaza ini diikuti tidak kurang 140 peserta yang umumnya merupakan para aktivis Al-Quran, baik para pendidik, pengelola, maupun pemerhati pendidikan Al-Quran. Hadir pula, Kasi PD Potren Kementerian Agama Kabupaten Bogor, Ujang Supriyatna yang juga membuka acara ini.

Terpisah, Direktur LKPPQ Ar-Rahmah, Ahmad Jaeni menegaskan bahwa lembaganya siap bersinergi dan berkolaborasi dengan semua pihak dalam meningkatkan kompetensi para pendidik Al-Quran menghadapi era pendidikan Al-Quran berbasis digital online. (nano)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.