Ragam  

Dongkrak Konsumsi Ikan, Sebanyak 20 Ribu Benih Ikan Ditebar di Sungai Menuran, Kecamatan Baki

Bupati Sukoharjo, Etik Suryani, didampingi Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan, Bagas Windaryatno dan pejabat lain saat menebar benih ikan di Kali Menuran, Baki, Jumat (24/12/2021).

Sukoharjonews.com (Baki) – Dalam upaya mendongkrak produksi ikan dan juga konsumsi ikan, sebanyak 20 ribu benih ikan ditebar di Sungai Menuran, Kecamatan Baki. Penebaran ribuan benih ikan nila tersebut dilakukan oleh Bupati Sukoharjo, Etik Suryani, Jumat (24/12/2021). Hadir dalam acara tersebut, Ketua DPRD, Wawan Pribadi, sejumlah Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), serta Masyarakat Peduli Kali Baki (Masdulkabi).




“Penebaran benih ikan ini tujuannya untuk melestarikan ikan di aliran sungai. Selain itu, juga menyediakan pangan ikan secara gratis di perairan bagi masyarakat melalui program Perikanan Tangkap,” terang Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Sukoharjo, Bagas Windaryatno.

Bagas mengatakan, benih ikan yang ditebar sebanyak 20 ribu ekor jenis nila. Dengan penebaran benih ikan tersebut, diharapkan dapat bisa menyediakan pangan di perairan bagi masyarakat umum. Sehingga kebutuhan masyarakat akan ikan terpenuhi dan juga angkat konsumsi ikan masyarakat ikut naik. Penebaran benih sekaligus upaya dinas untuk melestarikan populasi ikan.

Sementara itu, Bupati Sukoharjo, Etik Suryani, berpesan pada masyarakat agar selalu menjaga kelestarian ekosistem sungai sehingga ikan dapat berkembang dengan baik. “Saya harap pula, ikan yang baru saja ditebar tidak langsung dipancing, tetap dibiarkan dulu agar tumbuh besar, baru setelah itu dipancingi,” ujar Etik.


Etik melanjutkan, sektor perikanan berfungsi sebagai penyedia bahan pangan untuk konsumsi masyarakat, ikan hias, rekreasi, pemancingan, penyedia lapangan kerja, serta sumber pendapatan masyarakat. Penebaran benih ikan merupakan salah satu cara budidaya ikan, sehingga menjadi sumber alternatif penyediaan ikan. Penebaran benih ikan dalam rangka menjaga ekosistem dan ketersediaan pangan ikan bagi masyarakat sebagai upaya mencukupi kebutuhan protein dan peningkatan konsumsi ikan.

“Angka konsumsi ikan di Kabupaten rendah, untuk itu perlu adanya upaya-upaya peningkatan produksi ikan maupun animo masyarakat dalam mengkonsumsi ikan melalui gerakan Gemar Makan Ikan atau Gemari dengan kelompok sasaran anak usia sekolah, stunting, balita, ibu hamil, dan ibu menyusui,” ujar Etik.

Etik juga mengatakan, apa yang dilakukan Masdulkabi bisa ditiru oleh masyarakat lain. Selama ini, Masdulkabi berusaha menjaga ekosistem sungai dan dikelola sehingga bisa mendatangkan manfaat, baik secara ekonomi dan wisata. Dalam kesempatan itu, bupati juga menyerahkan bantuan pada kelompok petani ikan serta pemberian hadiah lomba. (erlano putra)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.