Ragam  

Diterpa Angin Kencang, Rumah Kayu di Dukuh Bangseng Roboh

Sebuah rumah kayu di Dukuh Bangseng RT 01/06, Desa Gentan, Bulu roboh rata dengan tanah setelah diterpa angin kencang.

Sukoharjonews.com (Bulu) – Angin kencang yang bertiup di Dukuh Bangseng RT 01/06, Desa Gentan, Bulu menyebabkan sebuah rumah roboh dan rata dengan tanah. Kejadian robohnya rumah tersebut terjadi pada Selasa (4/9) siang sekitar pukul 14.30 WIB. Saat roboh, rumah dalam keadaan kosong karena penghuninya sudah pindah dengan alasan rumah sudah dalam keadaan lapuk sehingga tidak ada korban jiwa.



Rumah tersebut diketahui milik Sukiman yang tengah pergi merantau dan selama ini dihuni oleh Rukinem. Rumah kayu yang roboh tersapu angin tersebut lantas dibersihkan secara gotong royong antara warga dibantu anggota Koramil dan Polsek Bulu. “Dalam dua atau tiga hari ini angin memang bertiup cukup kencang. Karena rumah sudah lapuk, saat ada angin kencang lantas roboh,” ungkap Kepala Dukuh Baseng, Suryo Anggono, Rabu (5/9).

Suryo melanjutkan, Dukuh Bangseng sendiri berada di daerah pegunungan sehingga tiupan angin kencang sering terjadi dan meningkat dalam tiga hari. Tiupan angin lebih kencang dari hari-hari biasanya. Dengan gotong royong bersama polisi dan TNI, puing-puing rumah roboh lantas dibersihkan. Untuk perbaikan rumah sendiri, Suryo mengaku masih menunggu bantuan.

Dia mengaku, proposal perbaikan rumah sudah dibuat dan disampaikan ke Baznas Sukoharjo. Namun, bantuan logistik dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Dinas Sosial Sukoharjo sudah diterima. Dengan kejadian tersebut, kayu dan genting yang masih bisa dipakai akan digunakan sat perbaikan.

Disinggung soal penghuninya, yakni Rukinem, Suryo mengaku dalam dua bulan terakhir sudah berpindah tempat tinggal di rumah anaknya. Rukinem pindah dengan alasan rumah sudah dalam kondisi lapuk sehingga takut roboh. Bantuan yang diterima dari BPBD dan Dinsos berupa selimut, bahan pangan, tikar dan sebagainya. (erlano putra)



How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments