Dispendukcapil Klaten Operasikan Sakura, Program Seperti Apa?

Dispendukcapil Kabupaten Klaten meluncurkan Aplikasi Sakura untuk meningkatakan layanan administrasi kependudukan, Rabu (18/5/2022). Foto: Pemkab Klaten

Sukoharjonews.com (Klaten) – Dalam upaya meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Klaten meluncurkan Sakura atau Sistem Layanan Adminitrasi Kependudukan Dalam Jaringan. Inovasi ini hadir untuk memudahkan pelayanan adminitrasi kependudukan bagi masyarakat. Aplikasi tersebut diluncurkan oleh Bupati Klaten, Sri Mulyani, di Pendapa Ageng Kabupaten Klaten, Rabu (18/5/2022).


Kepala Dispendukcapil Klaten, Sunarna mengatakan aplikasi tersebut merupakan pengganti aplikasi Sipon Keduten, Sistem Pelayanan Online Kabupaten Klaten. Kehadiran aplikasi Sakura sekaligus menyempurnakan aplikasi sebelumnya.

“Kami senantiasa berupaya meningkatkan kualitas administrasi kependudukan melalui pengembangan inovasi layanan administrasi kependudukan secara daring atau Sakura yang merupakan pengganti dari inovasi Sipon Keduten,” ujarnya dikutip dari laman Pemkab Klaten.

Menurutnya, sebelum diluncurkan aplikasi Sakura telah dilakukan uji coba secara terbatas bersama operator desa se-Kabupaten Klaten. Hal tersebut dimaksudkan untuk mendapatkan saran dan masukkan sebagai penyempurnaan layanan.

Aplikasi Sakura dapat diakses melalui website Dispendukcapil Klaten https://dukcapil.klaten.go.id. Adapun layanan yang disediakan melalui aplikasi Sakura yakni; Kartu Keluarga, akta kelahiran, akta kematian, KTP elektronik, Kartu Identitas Anak, perpindahan keluar dan kedatangan penduduk, update data atau online NIK.

Sedangkan Bupati Klaten, Sri Mulyani mengapresiasi atas inovasi layanan yang dihadirkan oleh Dispendukcapil. Ia berharap penyempurnaan layanan ini semakin memudahkan masyarakat dalam mengakses sarana layanan publik yang disediakan oleh Pemkab Klaten.

“Dengan aplikasi Sakura ini diharapkan dapat memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam mengurus dokumen administrasi kependudukan secara mandiri,” kata Sri Mulyani.

Lebih lanjut, Bupati juga berharap dengan kemudahan layanan adminduk yang disediakan, masyarakat menjadi semakin tertib untuk melengkapi dokumen kependudukan. (nano)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 2.3 / 5. Vote count: 3

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.