Dishub Sukoharjo Luncurkan Simpel, Program Manajemen Parkir Berbasis Elektronik

Dishub Sukoharjo luncurkan Sistem Informasi Manajemen Parkir Elektronik (Simpel). Peluncuran oleh Bupati, Etik Suryani, Rabu (9/11/2022).

Sukoharkonews.com (Bendosari) – Dinas Perhubungan Kabupaten Sukoharjo menggelar peluncuran Sistem Informasi Manajemen Parkir Elektronik (Simpel). Peluncuran dilakukan Bupati Sukoharjo, Etik Suryani di Auditorium Gedung Menara Wijaya Lantai 10, Rabu (9/11/2022). Manajemen parkir berbasis elektronik tersebut langsung disosialisasikan pada juru parkir se-Sukoharjo.


“Kegiatan peluncuran Simpel ini dalam untuk meningkatkan manajemen pengelolaan parkir di tepi jalan umum dan untuk mewujudkan pelayananan perparkiran yang optimal bagi masyarakat pengguna layanan parkir di Kabupaten Sukoharjo,” terang Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Sukoharjo, FX Toni Sribuntoro.

Toni mengatakan, pengelolaan parkir yang baik adalah pengeloaan parkir yang berbasis elektronifikasi dan pelayanan parkir yang baik adalah pelayanan yang berorientasi pada kemudahan layanan di masyarakat seusai ketentuan perundang-undangan yang berlaku. Untuk itu, diharapkan juru parkir bersama dinas menyatukan pandangan, persepsi, dan tekad yang ada.

“Bahkan ketika diluar lingkup kegiatan perparkiran, semua unsur tersebut sangat dibutuhkan untuk menghadapi banyaknya tantangan masa depan di Kabupaten Sukoharjo, baik dalam lingkup pembangunan ekonomi, sosial, dan politik yang ada,” ujarnya.

Sementara itu, Bupati Etik Suryani, menyampaikan bahwa Retribusi Pelayanan Parkir di Tepi Jalan Umum berkontribusi dalam PAD Sukoharjo. Sesuai data, PAD dari parkir di tahun 2021 sebesar Rp1,008 miliar. Retribusi parkir memberikan kontribusi 5,5% dari total PAD di tahun 2021 sebesar Rp18,274 miliar.


“Hal itu menunjukan bahwa Retribusi Parkir di Tepi Jalan Umum telah menjadi komponen penting di dalam usaha meningkatkan PAD di Kabupaten Sukoharjo,” ujarnya.

Bupati melanjutkan, dalam rangka usaha untuk meningkatkan pendapatan daerah serta meningkatkan pelayanan kepada masyarakat di sektor Retribusi Parkir di Tepi Jalan Umum, diperlukan sarana dan prasarana yang diharapkan dapat menunjang semua kegiatan peningkatan pengelolaan parkir di tepi jalan umum. Sarpras tersebut dapat di golongkan menjadi sarpras non fisik dan fisik.

Non fisik dapat diartikan berupa elektronifikasi terhadap sistem yang memungkinkan dapat meningkatkan efektifitas dan efisiensi dari proses pemungutan retribusi ke khas daerah. Berkaitan hal tersebut, Dishub meluncurkan program Sistem Informasi Manajemen Parkir Elektronik (Simpel).

“Saya rasa Simpel merupakan salah satu wujud upaya untuk meningkatkan tata kelola pemerintahan dengan menciptakan sistem pembayaran yang aman dan lancar sehingga akan dapat mewujudkan sistem tata kelola keuangan daerah yang lebih efektif dan efisien,” ujar Bupati.

“Sedangkan yang dimaksud sarpras fisik adalah kegiatan yang kita selenggarakan bersama seperti acara ini, yaitu dengan pemberian seragam parkir dilanjutkan dengan sosialisasi dan pembinaan bagi seluruh petugas juru parkir di Kabupaten Sukoharjo,” tambahnya. (nano)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *