Diserahkan Menkes, Keluarga Nakes Yang Meninggal Terkait Corona Dapat Santunan Rp300 Juta

Menteri Kesehatan, Terawan Agus Putranto secara simbolis menyerahkan santunan pada keluarga nakes yang meninggal karena corona di RS dr Oen Solo Baru, Jumat (3/7/2020).

Sukoharjonews.com (Grogol) – Pemerintah pusat memberikan santunan untuk keluarga tenaga kesehatan (nakes) yang meninggal karena corona. Untuk Jawa Tengah ada dua orang dimana salah satunya nakes RS dr oen Solo Baru Sukoharjo. Penyerahan santunan dilakukan olen Menteri Kesehatan, Terawan Agus Putranto di RS dr Oen Solo Baru, Jumat (3/7/2020). Selain Sukoharjo, satu keluarga nakes lainnya berasal dari keluarga nakses RSUD Kariyadi Semarang.



Dalam penyerahan tersebut, terlihat hadir Bupati Sukoharjo Wardoyo Wijaya, Walikota Solo FX Hadi Rudyatmo serta pejabat Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Sukoharjo. “Penghargaan dan santunan diberikan pada keluarga pahlawan yang gugur dalam penanganan corona,” ujar Menkes.

Setiap keluarga nakes sendiri mendapatkan santunan masing-masing Rp300 juta. Program pemberikan santunan untuk keluarga nakes yang meninggal sendiri juga diberikan di daerah lain. Sebelumnya, penghargaan dan santunan sudah diberikan pada tiga keluarga nakes yang meninggal di Jawa Timur. Penghargaan dan santunan tersebut merupakan perintah langsung dari Presiden Jokowi.

Dalam kesempatan itu, Menkes mengucapkan terimakasih dan berbelasungkawa atas meninggalnya pahlawan kesehatan. Menkes berharap santunan tersebut bermanfaat dan menjadi kekuatan bagi pihak keluarga yang ditinggalkan. “Terimakasih setinggi-tingginya atas dedikasi bagi para pahlawan medis yang sudah berjuang merelakan jiwa raganya demi menolong sesama,” ujarnya.

Sedangkan Direktur Utama RS dr Oen Solo Baru, Ivan Oetomo menyatakan, tenaga medis di rumah sakitnya yang telah meninggal dalam penanganan corona adalah Agus Indarto meninggal dunia setelah dirawat selama dua minggu di RSUD dr Moewardi Solo. Tenaga kesehatan ini terkonfirmasi positif corona. Ivan juga berterima kasih pada pemerintah atas kepeduliannya terhadap tenaga kesehatan yang telah meninggal.

Sementara itu, Bupati Sukoharjo, Wardoyo Wijaya berharap penghargaan dan santunan bagi tenaga kesehatan yang gugur dapat bermanfaat untuk ahli waris. Menurutnya, masalah pandemi virus corona menjadi masalah bersama dan tanggungjawab bersama seluruh komponen masyarakat. (erlano putra)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed