Dipercaya Dapat Menurunkan Kadar Kolesterol, Simak Manfaat Lain dari Oat!

Manfaat oat untuk kesehatan. (Foto: Nibble).

Sukoharjonews.com – Oat adalah makanan yang sangat bergizi yang dikemas dengan vitamin, mineral, dan antioksidan penting. Selain itu, mereka lebih tinggi serat dan protein dibandingkan dengan biji-bijian lainnya.


Oat biasanya dimakan untuk sarapan sebagai oatmeal, yang dibuat dengan merebus oat dalam air atau susu. Oatmeal juga sering disebut sebagai bubur. Namun tahukah Anda, ternyata oat ini mempunyai banyak manfaat, lho! Melansir dari Healthline, Kamis (2/2/2023), berikut beberapa manfaat dari oat yang wajib Anda ketahui:

1. Mengandung Antioksidan
Oat utuh mengandung antioksidan tinggi dan senyawa tanaman bermanfaat yang disebut polifenol. Yang paling menonjol adalah kelompok antioksidan unik yang disebut avenanthramides, yang hampir hanya ditemukan dalam oat. Baik penelitian lama maupun baru telah menemukan bahwa avenanthramides dapat membantu menurunkan tingkat tekanan darah dengan meningkatkan produksi oksida nitrat.

Molekul gas ini membantu melebarkan (memperlebar) pembuluh darah dan menyebabkan aliran darah lebih baik. Oat mengandung banyak antioksidan kuat, termasuk avenanthramides. Senyawa ini dapat membantu menurunkan tekanan darah dan memberikan manfaat lainnya.


2. Mengandung serat larut kuat yang disebut beta-glucan
Oat mengandung banyak beta-glukan, sejenis serat larut. Beta-glukan sebagian larut dalam air dan membentuk larutan kental seperti gel di usus Anda.

Manfaat kesehatan dari serat beta-glukan, seperti menurunkan LDL dan kadar kolesterol total, penurunan gula darah dan respons insulin, peningkatan rasa kenyang, dan peningkatan pertumbuhan bakteri baik di saluran pencernaan. Oat kaya akan serat larut beta-glucan, yang memiliki banyak manfaat. Ini membantu mengurangi kadar kolesterol dan gula darah, meningkatkan bakteri usus yang sehat, dan meningkatkan perasaan kenyang.


3. Menurunkan kadar kolesterol dan melindungi kolesterol LDL dari kerusakan
Penyakit jantung adalah penyebab utama kematian secara global. Salah satu faktor risiko utama adalah kolesterol darah tinggi. Banyak penelitian telah menunjukkan bahwa serat beta-glukan dalam oat efektif mengurangi kadar kolesterol total dan LDL (jahat).

Beta-glucan dapat meningkatkan pelepasan empedu yang kaya kolesterol, yang mengurangi tingkat sirkulasi kolesterol dalam darah Anda. Oat juga dapat melindungi kolesterol LDL (jahat) dari oksidasi. Oksidasi kolesterol LDL (jahat) terjadi ketika bereaksi dengan radikal bebas. Ini adalah langkah penting lainnya dalam perkembangan penyakit jantung. Ini menghasilkan peradangan di arteri, merusak jaringan, dan dapat meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke. Oat dapat menurunkan risiko penyakit jantung dengan mengurangi kolesterol total dan LDL (jahat), serta melindungi LDL dari oksidasi.


4. dapat meningkatkan kontrol gula darah
Diabetes tipe 2 adalah kondisi kesehatan yang umum, ditandai dengan peningkatan gula darah secara signifikan. Biasanya hasil dari penurunan kepekaan terhadap hormon insulin. Oat dapat membantu menurunkan kadar gula darah , terutama pada orang yang kelebihan berat badan atau penderita diabetes tipe 2. Beta-glucan dalam oat dan barley juga dapat meningkatkan sensitivitas insulin.

Namun, uji klinis acak pada tahun 2016 tidak melihat peningkatan sensitivitas insulin, sehingga diperlukan penelitian lebih lanjut. Efek ini terutama dikaitkan dengan kemampuan beta-glukan untuk membentuk gel kental yang menunda pengosongan lambung dan penyerapan glukosa ke dalam darah. Karena serat larut beta-glucan, gandum dapat meningkatkan sensitivitas insulin dan membantu menurunkan kadar gula darah.


5. Oat Sangat Bergizi
Komposisi nutrisi gandum seimbang. Mereka adalah sumber karbohidrat dan serat yang baik , termasuk serat beta-glucan yang kuat. Mereka juga merupakan sumber protein berkualitas tinggi, dengan keseimbangan yang baik dari asam amino esensial. Oat sarat dengan vitamin, mineral, dan senyawa tanaman antioksidan penting. Setengah cangkir (78 gram) oat kering mengandung Mangan: 63,91% dari nilai harian (DV), Fosfor: 13,3% dari DV,

Magnesium: 13,3% dari DV, Tembaga: 17,6% dari DV, Besi: 9,4% dari DV, Seng: 13,4% dari DV, Folat: 3,24% dari DV, Vitamin B1 (thiamin): 15,5% dari DV, Vitamin B5 (asam pantotenat): 9,07% dari DV. Oat memiliki 51 gram karbohidrat, 13 gram protein, 5 gram lemak, dan 8 gram serat dalam 1 cangkir. Porsi yang sama ini hanya memiliki 303 kalori. Artinya, oat adalah salah satu makanan paling padat nutrisi yang bisa Anda makan. Oat kaya akan karbohidrat dan serat, tetapi juga lebih tinggi protein dan lemaknya daripada kebanyakan biji-bijian lainnya. Mereka sangat tinggi dalam banyak vitamin dan mineral. (cita septa)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *