Ragam  

Dinas Kesehatan Menyisir Masyarakat Untuk Vaksinasi Secara “Door To Door”

Vaksinasi door to door. (Dok)

Sukoharjonews.com (Sukoharjo) – Meski target capaian vaksinasi sudah terlampaui, Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Sukoharjo masih melakukan vaksinasi. Selain menyelesaikan vaksinasi dosis 2, vaksinasi dosis 1 juga terus dilakukan. Bahkan, petugas sudah melakukan vaksinasi secara door to door untuk mempermudah masyarakat mengakses vaksinasi corona.




“Kami menyelesaikan dosis 2 dan melakukan sweeping karena di wilayah-wilayah tertentu masih ada masyarakat yang belum tervaksinasi dengan berbagai alasan. Seperti kesulitan akses, ada yang memahami informasi yang keliru tentang vaksin, dan lainnya,” jelas Kepala DKK yang juga Jubir Satgas Penanganan Corona Sukoharjo, Yunia Wahdiyati, Senin (25/10/2021).

Yunia mengatakan, menjadi tugas dinas dan jajaran untuk memberikan edukasi dan mendekatkan layanan vaksinasi pada masyarakat. Baik itu dilakukan melalui mobile vaksin atau door to door. yang pertama, ujar Yunia, memberikan edukasi terlebih dahulu pada masyarakat, baru setelah itu memberikan layanan vaksinasi.

“Kegiatan vaksinasi door to door sudah berjalan di sejumlah wilayah, seperti Kecamatan Kartasura, Baki, Weru, Bulu, Sukoharjo, dan lainnya,” ujarnya

Yunia mengakui jika ada masyarakat Sukoharjo yang benar-benar kesulitan mengakses vaksinasi. Baik itu lanjut usia (lansia), disabilitas, dan lainnya. Untuk itu memberikan edukasi pada masyarakat menjadi sangat pentin agar mau mengikuti vaksinasi.

Saat ini, lanjut Yunia, kasus corona di Kabupaten Sukoharjo sudah turun dan diharapkan bisa terkendali terus sehingga Sukoharjo benar-benar tidak ada kasus corona lagi. Meski kasus sudah turun, Yunia mengimbau masyarakat untuk tidak abai dan tetap waspada karena potensi penularan masih ada.

“Jika muncul kasus segera kami lacak kontak eratnya dan dilakukan testing dan dilakukan tata laksana sesuai kondisi klinisnya,” tambahnya. (erlano putra)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *