Dibutuhkan Gebrakan Agar Pusat Promosi Produk Ungulan Bertahan dan Ramai

Suasana Pusat Promosi Produk Unggulan UMKM di GP3D Sukoharjo atau bekas “gedung lowo”.

Sukoharjonews.com (Sukoharjo) – Pemkab Sukoharjo resmi membuka Pusat Promosi Potensi Produk Unggulan di
Gedung Pusat Promosi Potensi Daerah (GP3D) Graha Wijaya. Pembukaan pusat promosi tersebut diapresiasi masyarakat. Disisi lain, masyarakat juga berharap Pemkab Sukoharjo dalam hal ini Dinas Perdagangan Koperasi dan UMK membuat terobosan baru atau gebrakan agar pusat promosi tersebut bisa bertahan dan ramai dikunjungi.



“Kalau hanya mengandalkan penguhuni gedung yang ada saat ini, pasti sulit bisa bertahan lama dan ramai dikunjungi. Harus ada kegiatan rutin untuk menarik minat masyarakat datang,” ujar Puji Santoso, 45, warga Banmati, Sukoharjo.

Dia mengatakan, saat ini penghuni gedung tersebut memang bervariasi. Mulai pelaku UMKM batik, kerajinan, aksesoris, elektronik, handphone hingga kuliner. Setelah dibuka, yang harus jadi perhatian pengelola adalah keberlangsungan pusat promosi tersebut. Jangan sampai pusat promosi tersebut hanya seumur jagung alias tidak bertahan lama.

Dengan adanya event yang menarik, Puji optimistis lama kelamaan gedung tersebut akan semakin ramai. Salah satu kegiatan yang menarik mungkin menggelar pameran komputer dan juga event-event lomba. Disinggung soal rencana dinas menggelar “outing class” pelajar ke pusat promosi tersebut, Puji mengapresiasinya. Kegiatan itu memang bisa membuat ramai gedung.

“Namun, perlu dipikirkan juga apakah kedatangan pelajar tersebut bisa mendongkrak penjualan bagi penghuni gedung,” ujarnya.

Pengunjung lainnya Martanti, 39, warga Jombor, Bendosari juga mengungkapkan hal senada. Menurutnya, yang perlu dipikirkan saat ini adalah keberlangsungan pusat promosi tersebut. Jika gedung sepi, pasti lama-kelamaan penghuni yang menempati kios di gedung pusat promosi tersebut akan meninggalkan lokasi.

Kalau hanya monoton, ujarnya, dipastikan masyarakat akan bosan dan enggan datang lagi. Dengan figelar kegiatan yang menarik, pasti masyarakat akan datang dan dengan kedatangan tersebut juga akan berdampak bagi penghuni gedung utamanya dalam hal peningkatan transaksi.

Sebelumnya, Kepala Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM Sukoharjo Sutarmo mengaku jika nantinya akan digelar event secara rutin di lokasi. Selain kegiatan “outing class” bagi siswa sekolah, dinas juga berencana menggelar berbagai event untuk menarik minat masyarakat berkunjung.

Sementara itu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sukoharjo resmi membuka Gedung Pusat Promosi Potensi Daerah (GP3D) untuk UMKM di Sukoharjo Rabu (31/10). Semua kios diisi penuh mulai lantai satu – empat. Berbagai produk juga dijajakan di lokasi tersebut. (erlano putra)



How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments