Debit Air Masih Kecil, Pembukaan Kembali Pintu Air Dam Colo Belum Jelas

Saluran air Dam Colo Timur masih kering kerontang karena pintu air belum dibuka kembali dengan alasan debit air belum memadai.

Sukoharjonews.com (Sukoharjo) – Pintu air Dam Colo di Nguter ditutup sejak 16 Oktober lalu untuk perawatan dan perbaitan. Biasanya, pembukaan kembali pintu air dilakukan satu bulan setelahnya. Namun, kali ini pembukaan kembali pintu air Dam Colo belum dipastikan molor karena debit air di Sungai Bengawan Solo masih kecil. Kondisi tersebut membuat pembukaan pintu air Dam Colo dipastikan molor karena belum adanya kepastian.



“Kami sudah mendapat informasi jika pembukaan pintu air Dam Colo belum bisa ditentukan. Alasannya debit air Sungai Bengawan Solo masih kecil karena belum turun hujan,” ujar Ketua Paguyuban Petani Pengguna Air (P3A) Dam Colo Timur, Jigong Sarjanto, Jumat (18/10).

Dikatakan Jigong yang juga Kepala Desa (Kades) Pranan, Polokarto tersebut, sumber air utama Sungai Bengawan Solo dari Waduk Gajah Mungkur (WGM) di Wonogiri. Dengan belum turunnya hujan, debit air di WGM masih rendah. Kondisi tersebut memengaruhi sumber air saluran Dam Colo yang mengandalkan air dari Bengawan Solo. Sehingga, pembukaan kembali pintu air Dam Colo menunggu stok air di WGM.

Jigong memperkirakan pembukaan pintu air Dam Colo akan mundur cukup lama. Pasalnya, daerah tangkapan air di Wonogiri seperti daerah Tirtomoyo, Baturetno, Pracimantoro, Giritontro biasanya turun hujannya belakangan. Bahkan, biasanya selisihnya bisa dua sampai tiga minggu dibandingkan daerah lain. “Sekarang saja hujan belum turun. Padahal selisihnya sampai tiga minggu. Otomatis pembukaan pintu air juga molor jauh,” katanya.

Menurutnya, petani yang selama ini mengandalkan air dari saluran air Dam Colo diminta untuk mencaru sumber air alternatif. Salah satunya sumber air dari sumur bor sehingga bisa menggunakan pompa air. Terpisah, Pelaksana Harian (plh) Kasi Pelaksanaan Bidang Operasi dan Pemeliharaan Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo (BBWSBS), Santosa mengakui jika pembukaan pintu air Dam Colo belum diketahui. Menurutnya, BBWSBS sudah mengadakan rapat terkait pembukaan Pintu Air Dam Colo tersebut dan belum dapat dipastikan. (erlano putra)



How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

Facebook Comments

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed