Datangi Kandang Sapi di Sukoharjo, Mentan Gelontarkan Bantuan Vaksin PMK

Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo saat mendatangi kandang sapi di Desa Mertan, Kecamatan Bendosari, Kabupaten Sukoharjo, Jateng memantau pemberian vaksin PMK, Sabtu (18/6/2022).

Sukoharjonews.com (Bendosari) – Wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang tengah melanda saat ini menjadi perhatian khusus Kementerian Pertanian. Dalam upaya mencegah penyebaran PMK, Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo menggelar apel siaga vaksinasi PMK tingkat Provinsi Jawa Tengah di Kabupaten Sukoharjo, Sabtu (18/6/2022).


Apel sendiri digelar di halaman Setda Pemkab Sukoharjo dilanjutkan dengan pantauan pemberian vaksin untuk hewan ternak di Desa Mertan, Kecamatan Bendosari, Sukoharjo.

Dalam kesempatan itu, Mentan mengatakan Kementerian Pertanian menggelontorkan bantuan vaksin tahap 2 sebanyak 800.000 ribu vaksin. Jumlah vaksin tersebut didistribusikan ke pemerintah daerah dan posko darurat PMK di daerah zona merah dan kuning.

“Saya harap semua stakeholder terkait seperti Kabupaten, crisis center dan pihak lainnya untuk bekerjasama secara baik dalam penggunaan vaksin PMK ini,” ujar Syahrul Yasin Limpo.

Dalam kesempatan tersebut, Mentan berharap vaksin yang diberikan dapat menekan angka penularan PMK yang mewabah di Indonesia khususnya di Kabupaten Sukoharjo.

“Kementerian juga akan melakukan kebijakan memperketat area lalu lintas hewan baik melalui darat maupun tol laut,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Sukoharjo, Bagas Windaryatno, menyampaikan, sejumlah upaya telah dilakukan Pemkab Sukoharjo untuk mengatasi penyebaran PMK. Salah satunya adalah menutup sementara pasar hewan yang ada.

Menurutnya, dengan penutupan pasar hewan otomatis menghentikan peredaran hewan ternak dari luar daerah sehingga kemungkinan penyebaran virus juga bisa diminimalisir. Selain itu, dinas juga intentif memberikan sosialisasi dan juga melakukan aksi penyemprotan kandang dengan desinfaktan.

“Kebersihan menjadi penting agar wabah PMK tidak mudah menular. Tentunya, dengan bantuan vaksin dari Mentan ini diharapkan mampy mencegah penyebaran PMK di Kabupaten Sukoharjo,” ujarnya. (nano)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.