Dari Total 227 Peserta Tes Tertulis Seleksi PPK, 24 Diantaranya Mangkir

Sebanyak 24 orang dari totak 227 orang peserta tes tertulis seleksi PPK tidak hadir. Tes digelar di Gedung Graha Mulia, Kamis (30/1/2020).

Sukoharjonews.com (Sukoharjo) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sukoharjo menggelar tes tertulis seleksi Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di Gedung Graha Mulia, Kamis (30/1/2020). Peserta tes tertulis seleksi PPK sebanyak 227 orang sesuai jumlah yang lolos seleksi administrasi. Namun, hingga pelaksnaaan tes tertulis selesai, ada 24 orang peserta yang mangkir alias tidak hadir mengikuti tes.



“Kami memberikan toleransi keterlambatan 15 menit. Setelah melebihi batas toleransi, peserta yang datang tidak diperbolehkan ikut tes,” jelas Ketua KPU Sukoharjo Nuril Huda.

Dikatakan Nuril, total pendaftar PPK di KPU Sukoharjo sebanyak 265 orang. Dari jumlah tersebut, sebanyak 227 dinyatakan lolos seleksi administrasi dan 38 tidak memenuhi syarat (TMS). Pendaftar yang lolos seleksi administrasi berhak untuk mengikuti tes tertulis yang digelar hari ini. Soal tes tertulis sendiri ada 50 soal yang dikerjakan selama 60 menit.

Disinggung tentang materi tes, Nuril mengaku antara lain mengenai undang-undang dan peraturan KPU mengenai pemilu, pemilihan gubernur, dan pemilihan bupati. Selain itu, juga materi mengenai logistik pemilu, hal teknis kepemiluan, pemutakhiran data pemilih, serta wawasan lokal soal Kabupaten Sukoharjo. “Ada empat jenis soal berbeda dimana masing-masing peserta akan mengerjakan soal yang berbeda. 50 soal itu semuanya pilihan ganda,” ujar Nuril.

Rencananya, pengumuman hasil seleksi tes tertulis akan diumumkan pada 1 Februari nanti. Peserta yang lolos tes tertulis akan mengukuti tahapan tes selanjutnya, yakni tes wawancara. Salah satu peserta tes, Winarto mengaku kategori soal tes tertulis seleksi PPK tersebut tergolong mudah bagi yang pernah menjadi penyelenggara pemilu. Namun, untuk yang belum pernah mungkin akan sedikit susah.

“Tadi saya selesai dalam waktu 19 menit. Semuanya pilihan ganda sehingga bisa cepat selesai,” ujar Winarto yang pernah menjadi PPK Grogol. (erlano putra).



How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *