Dapat Mencegah Diabes dan Kesehatan Paru, Simak Manfaat Air Rebusan Kunyit yang Perlu Anda Ketahui!

Manfaat rebusan kunyit untuk kesehatan. (Foto: NDTV Food)

Sukoharjonews.com – Kunyit merupakan salah satu tanaman obat yang banyak khasiatnya. Selain dijadikan obat, kunyit juga digunakan sebagai bumbu masakan. Selain itu, kunyit juga sering dijadikan sebagai minuman berkhasiat.


Namun, ternyata kunyit mempunyai banyak manfaat yang jarang diketahui oleh orang orang. Khasiat tersebut diduga karena sifat antivirus dan antioksidan di dalam kunyit. Cara efektif dalam mendapatkan manfaat kunyit adalah minum air rebusannya. Apa manfaat air rebusan kunyit untuk kesehatan?

Dilansir dari PyfaHealth, Sabtu (7/1/2023), tidak hanya sebagai penguat rasa dan pewarna alami, kunyit memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, yaitu:

1. Mencegah diabetes
Kunyit sejak lama digunakan sebagai obat herbal untuk membantu menurunkan risiko terjadinya diabetes. Selain itu, Anda bisa mengonsumsi suplemen yang mengandung kunyit untuk membantu mencegah diabetes.


2. Menjaga kesehatan organ hati
Kunyit juga bermanfaat untuk mengoptimalkan fungsi pada organ hati. Selain itu, minum air rebusan kunyit secara rutin juga bermanfaat untuk mencegah terjadinya gangguan pada sel-sel di organ hati.

3. Menjaga kesehatan paru
Kandungan antioksidan dalam kunyit menyimpan banyak manfaat untuk mencegah penyakit, termasuk meringankan gejala kondisi yang berhubungan dengan paru. Sejumlah penelitian juga menunjukkan bahwa kunyit dapat digunakan untuk mengobati beberapa penyakit, seperti asma, fibrosis paru, kanker, dan Penyakit Paru Obstruktif Kronis (PPOK).


4. Mencegah kanker
Kunyit juga bermanfaat untuk mengurangi risiko terjadinya kanker. Hal ini dikarenakan sifat antikanker yang dimiliki kunyit berkhasiat untuk membantu mencegah kerusakan sel di dalam tubuh, sehingga dapat mencegah terjadinya kanker. Selain itu, sifat antitumor pada kunyit efektif dalam menghambat pembentukan tumor dalam tubuh.

5. Membantu meningkatkan daya tahan tubuh
Seperti disebutkan sebelumnya, kandungan antivirus dan antibakteri dalam kunyit efektif untuk memperkuat imun tubuh. Oleh karena itu, Anda dianjurkan untuk mengonsumsi air rebusan kunyit agar daya tahan tubuh tetap terjaga.


6. Mencegah komplikasi terkait masalah kardiovaskular
Kandungan antioksidan dalam kunyit efektif dalam mengoptimalkan sistem peredaran darah atau kardiovaskular. Oleh karena itu, Anda dianjurkan untuk minum air rebusan kunyit setiap hari untuk mengurangi risiko serangan jantung, terutama ketika Anda menjalani operasi bypass arteri koroner.

Sementara itu, Anda bisa membuatnya dengan menyiapkan empat gelas air matang dan satu sendok teh bubuk kunyit. Lalu rebus air dan campurkan bubuk kunyit ke dalam air. Setelah itu, diamkan hingga mendidih, kemudian saring air rebusan tersebut ke dalam gelas, biarkan hingga hangat, dan nikmati. (cita septa/mg)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *