Tips  

Daki di Leher Mengganggu? Hilangkan dengan Cara Berikut!

Daki di leher. (Foto:skinkraft)

Sukoharjonews.com – Sama seperti wajah, kebersihan leher juga merupakan hal yang wajib diperhatikan. Area leher biasanya menjadi gelap dari area disekitarnya. Menggelapnya area leher ini biasanya disebabkan oleh daki yang ketika kita mandi mungkin tidak digosok dengan bersih.


Cara menghilangkan daki di leher dapat dimulai dengan menjaga kebersihan area leher, seperti membersihkannya setiap mandi, hingga melakukan eksfoliasi. Namun, cara-cara ini perlu dilakukan secara rutin agar Anda mendapatkan hasil yang maksimal. Berikut masing-masing penjelasannya yang dikutip dari Siloam Hospital, pada Kamis (2/3/2023):

1. Mengendalikan kadar gula darah
Tingginya kadar insulin akibat diabetes atau obesitas juga dapat menyebabkan hiperpigmentasi, terutama di daerah lipatan kulit seperti leher belakang. Untuk mengatasinya, penderita disarankan melakukan pengobatan sesuai anjuran dokter guna mengendalikan kadar gula darah dan diimbangi dengan menjalani gaya hidup sehat seperti rutin berolahraga dan mengatur pola makan. Perlu diketahui, menjaga berat badan ideal dapat membantu seseorang mengontrol kadar gula darah normal dalam tubuh dan mencegah terjadinya akantosis nigrikans sehingga kulit tubuh tetap terlihat cerah.


2. Keringkan leher yang berkeringat
Saat sedang beraktivitas, leher merupakan salah satu bagian tubuh yang banyak mengeluarkan keringat. Terlebih jika Anda melakukan aktivitas di luar ruangan dengan paparan sinar matahari langsung. Agar tidak timbul kendala daki di leher akibat keringat, usahakan untuk segera mengusap leher ketika keringat mulai muncul. Untuk itu, jangan lupa siapkan tisu atau handuk kecil kemana pun Anda hendak beraktivitas fisik.

3. Lakukan Eksfloitasi
Cara menghilangkan daki di leher berikutnya adalah melakukan eksfoliasi. Sama halnya dengan eksfoliasi wajah , cara ini juga berguna untuk mengangkat daki akibat tumpukan sel-sel kulit mati di leher yang menghitam dan membuatnya kembali cerah.Untuk melakukannya, oleskan scrub ke leher, pijat secara perlahan dengan gerakan memutar selama 30 detik kemudian bilas dengan air hangat. Hindari melakukan eksfoliasi ketika kulit sedang terluka atau terbakar akibat sinar matahari.


4. Rajin menggosok leher saat mandi
Cara menghilangkan daki di leher yang paling sederhana dan mudah dilakukan adalah membersihkan leher setiap mandi. Menumpuknya daki pada leher sering kali terjadi karena bagian leher, terutama leher belakang, sering luput dari perawatan. Untuk menghindari kelebihan daki dan menjaga kulit leher tetap cerah, usahakan untuk membersihkan area leher dengan menggosoknya menggunakan tangan atau alat khusus secara menyeluruh setiap kali mandi. Sehingga, kotoran yang menumpuk bisa hilang. (cita septa)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *